Jumat, 20 Januari 2023

Ga boleh baca surat AL-KAHFI di hari Jumat?!

Ga boleh baca surat AL-KAHFI di hari Jumat?!

=====

Tidak bisa dipungkiri, setelah keluarnya hasil sidang dewan fatwa tentang hadits keutamaan membaca surat Al-Kahfi di hari Jumat, banyak yg memahami dilarang membaca surat al-Kahfi di hari Jumat! Padahal sebenarnya tidak demikian.

Beberapa poin yg bisa disimpulkan dari hasil sidang Dewan Fatwa tentang itu adalah sebagai berikut:

1. Hadits tentang keutamaan membaca surat al-Kahfi di hari atau malam jumat saja, derajatnya lemah sekali.

2. Yang shahih adalah atsar dari sahabat Abu Sa'id al-Khudri radhiallahu anhu, yg menjelaskan tentang keutamaan membaca surat al-Kahfi secara umum, apapun harinya .. dan keutamaannya yg sahih adalah bahwa pembacanya mendapatkan cahaya dari tempat dia membaca sampai ke baitullah (ka'bah).

3. Atsar ini bisa dihukumi marfu' (dianggap sebagai hadits), karena berkaitan dg sesuatu yg gaib yg tidak ada celah ijtihad di dalamnya.

4. Atsar ini tidak melarang kita membaca surat Al-Kahfi di hari Jumat .. tapi menjelaskan bahwa keutamaan itu bukan hanya di hari jumat saja.

5. Bagi ingin membaca surat Al-Kahfi di hari jumat, maka tdk ada masalah, sebagaimana bila dia ingin membacanya di hari lain juga tdk masalah.

Bahkan, yang saya pahami, bila dia menganggap membacanya di hari Jumat lebih utama, maka tidak ada masalah juga .. bukan karena dasar hadits lemah yg membatasi keutamaan itu di hari Jumat .. tapi karena dalil umum bahwa hari jumat adalah termasuk hari yg paling mulia, dan amalan yg dilakukan di hari yg lebih mulia maka menjadi lebih mulia, wallahu a'lam.

Ringkasnya: Jangan meyakini bahwa keutamaan membaca Al-Kahfi itu ada di hari Jumat saja .. karena yg sahih bahwa keutamaan itu ada di hari Jumat dan juga hari² yg lainnya, wallahu a'lam.

Semoga bisa dipahami dengan baik, barokallahu fiikum.
Ustadz Dr musyaffa ad adariny Ma