Sabtu, 21 Januari 2023

Hari kiamat tidak akan terjadi hingga..

"Hari kiamat tidak akan terjadi hingga... "

Nabi shallallahu alaihi wasallam bersabda :

"Hari kiamat tidak akan terjadi hingga harta banyak dan berlimpah,  hingga seseorang keluar membawa zakat hartanya namun tidak mendapatkan seseorang yang menerimanya darinya,  dan hingga tanah arab (yg luas)  menjadi banyak tumbuh-tumbuhan (binatang ternak senang di tempat itu, dan air segar banyak di tempat itu)"

لا تَقُومُ السَّاعَةُ حتَّى يَكْثُرَ المالُ ويَفِيضَ، حتَّى يَخْرُجَ الرَّجُلُ بزَكاةِ مالِهِ فلا يَجِدُ أحَدًا يَقْبَلُها منه، وحتَّى تَعُودَ أرْضُ العَرَبِ مُرُوجًا وأَنْهارًا.

الراوي : أبو هريرة | المحدث : مسلم | المصدر : صحيح مسلم 157
https://dorar.net/h/aoDcFkUi

Nabi shallallahu alaihi wasallam mengabarkan kepada para sahabat radhiyallahu anhum tentang tanda-tanda hari kiamat,  dan kejadian-kejadian yang tidak mengetahuinya kecuali Allah ta'ala. 

1. Harta berlimpah,  sampai-sampai pemiliknya tidak butuh,  dan seluruh manusia memiliki harta , seorangpun tidak butuh harta zakat,  hingga pemilik harta kesulitan "mencari" seorang fakir yang mau menerima zakat hartanya,  kesulitan mendapatkan orang yang mau menerima sedekahnya. Hingga yang ditawari sedekah berkata saya tidak membutuhkannya. Karena dia telah menjadi orang kaya dan memiliki harta. Saat itu manusia mengharapkan akhirat,  meninggalkan dunia,  mencukupkan diri mereka dengan makan satu hari,  dan tidak menyimpan harta. 

2. Jazirah Arab menjadi tanah luas yang banyak tetumbuhan, banyak air,  binatang ternak senang di tempat itu.  Yaitu bangsa Arab mulai mengolah dan menghidupkan tanah mereka,  mengalirkan air,  menanam pepohonan, bibit tanaman,  dan tidak berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya untuk mencari tanaman dan tetumbuhan (untuk menggembala ternak) sebagaimana kebiasaan mereka. 

***

https://makalahku.wordpress.com/2023/01/18/hari-kiamat-tidak-akan-terjadi-hingga/

***
@hsn