Senin, 30 Januari 2023

Ummul Quro (induk/pusatnya kota)

Ummul Quro (induk/pusatnya kota) 
------------------------------------------

Kalau Mesir punya julukan ummud dunya (induk/pusatnya dunia) karena sejarah panjangnya dengan berbagai kisah & cerita di dalamnya dari zaman firaun atau bahkan peradaban sebelumnya, dan juga cerita para Nabi dari Ibrahim, Yusuf, Musa hingga Muhammad solawatullah wa salamuhu alaihim jamian.

Makkah juga punya julukan/nama lain yakni Ummul Quro (induk/pusatnya kota), bahkan Allah abadikan dalam al-Quran penyebutan ini:
{ وَهَـٰذَا كِتَـٰبٌ أَنزَلۡنَـٰهُ مُبَارَكࣱ مُّصَدِّقُ ٱلَّذِی بَیۡنَ یَدَیۡهِ وَلِتُنذِرَ أُمَّ ٱلۡقُرَىٰ وَمَنۡ حَوۡلَهَاۚ }

"Dan ini (Al-Qur`ān), Kitab yang telah Kami turunkan dengan penuh berkah; membenarkan kitab-kitab yang (diturunkan) sebelumnya dan agar engkau memberi peringatan kepada (penduduk) Ummulqurā (Mekkah) dan orang-orang yang ada di sekitarnya".
[Surat Al-An'am: 92]

Diantara alasan kenapa Makkah diberi nama ummul Quro antara lain:

1. Karena kota Makkah adalah kota paling mulia & tempat tersuci di muka bumi, Allah memberi keutamaan pada Makkah dibandingkan dengan tempat lain. 
2. Karena Makkah adalah tempat yang menghimpun Baitullah al-Haram dimana ia adalah Baitullah (masjid) paling utama sebagai tujuan safar dalam rangka ibadah, selepasnya berurutan al-masjid al-Nabawi & al-masjid al-aqsho. 

Karena Makkah sebagai tempat mulia, suci dan terdapat al-masjid al-Haram di dalamnya, tidak heran jika diberi julukan ummul qura, karena dengan berbagai kelebihannya tersebut ia menjadi destinasi Ummat islam di seluruh penjuru dunia, bahkan jadi pusat peradaban juga semenjak masa sebelum islam. 

Nama Ummul Quro kemudian juga digunakan sebagai nama lembaga pendidikan tinggi di Makkah, Ummul Qura university, awalnya adalah sekolah tinggi syariah yang didirikan oleh pemerintah di tahun 1949 , kemudian sempat menjadi bagian dari King Abdul Aziz University Jeddah di tahun 1971,lantas di tahun 1981 dengan keluarnya dekret kerajaan, sekolah tinggi syariah resmi melepaskan diri dari KAU dan menjadi universitas mandiri sampai sekarang. 

Ummul Quro memiliki dua lokasi kampus (setahu saya), di distrik aziziah untuk kampus lama dan sekarang digunakan untuk kelas persiapan bahasa & fakultas ilmu terapan, adapun ummul Quro baru berdiri di dekat arafah. Di kampus ini sebagaimana sudah menjadi rahasia umum, terdapat di dalamnya  beberapa jurusan keagamaan unggulan dari fak syariah, hadist, ushulud dien, Qur'an dll, termasuk juga jurusan ilmu2 sosial, sains & teknologi. 
Semoga bagi kawan2 sekalian yang berminat belajar disini Allah mudahkan prosesnya, dimudahkan untuk diterima, dan betapa bahagia & beruntungnya orang yang belajar disini, mengambil ilmu dari para pakar di bidangnya, disamping itu begitu mudahnya untuk beribadah di Masjidil Haram. 

Semoga Allah beri taufiq pada semuanya. 

Sumber bacaan:
1. https://www.islamweb.net/amp/ar/fatwa/73757/ 
2. https://mawdoo3.com/%D9%84%D9%85%D8%A7%D8%B0%D8%A7_%D8%B3%D9%85%D9%8A%D8%AA_%D9%85%D9%83%D8%A9_%D8%A8%D8%A3%D9%85_%D8%A7%D9%84%D9%82%D8%B1%D9%89  
3. https://id.wikipedia.org/wiki/Universitas_Umm_Al-Qura
Ustadz setiawan tugiono