Selasa, 12 April 2022

KECEMBURUAN YANG MENAKJUBKAN

KECEMBURUAN YANG MENAKJUBKAN

Hakim Abu Abdillah Muhammad bin Ahmad bin Musa rahimahullah bertutur :

حضرت مجلس موسى بن إسحاق القاضي بالري سنة ست وثمانين ومائتين، وتقدمت امرأة، فادعى وليها على زوجها خمس مائة دينار مهرا، فأنكر، فقال القاضي: شهودك؟ قَالَ: قد أحضرتهم، فاستدعى بعض الشهود أن ينظر إلى المرأة ليشير إليها في شهادته، فقام الشاهد، وقالوا للمرأة قومي، فقال الزوج: تفعلون ماذا؟ قَالَ الوكيل: ينظرون إلى امرأتك وهي مسفرة لتصح عندهم معرفتها، فقال الزوج: فإني أشهد القاضي أن لها علي هذا المهر الذي تدعيه، ولا تسفر عن وجهها، فردت المرأة وأخبرت بما كان من زوجها، فقالت المرأة: فإني أشهد القاضي أني قد وهبت له هذا المهر وأبرأته منه في الدنيا والآخرة، فقال القاضي يكتب هذا في مكارم الأخلاق.

“ Aku hadir di majelis Hakim Musa bin Ishaq di daerah Ray pada tahun 286 H, ketika itu datang seorang wanita mengajukan sebuah kasus, walinya menuntut suaminya sebesar 100 dinar { 425 gram emas } sebagai mahar baginya yang belum dibayar, tetapi suaminya mengingkari tuntutan tersebut.

Maka Hakim berkata : “ Mana saksi - saksimu ?”

Ia berkata : “ Inilah mereka telah aku hadirkan ”

Kemudian sebagian saksi meminta untuk melihat wajah wanita tersebut agar dapat memastikan persaksiannya, saksi pun berdiri, dan mereka berkata kepada sang istri : 
“ Berdirilah !”

Sang suami pun berkata : “ Apa yang akan kalian lakukan ?”

Wakil mereka berkata : “ Para saksi akan melihat istrimu dalam keadaan terbuka wajahnya { tanpa cadar } agar mereka dapat memastikan siapa wanita tersebut.

Maka sang suami berkata : “ Sungguh aku persaksikan kepada Hakim bahwa aku harus membayar mahar sesuai tuntutannya, tetapi janganlah ia membuka wajahnya !!! ”

Sang istri segera merespon sikap suaminya, ia berkata : “ Sungguh aku pun mempersaksikan kepada Hakim bahwa aku telah memberikan kepadanya mahar tersebut dan aku lepaskan tuntutan darinya di dunia dan akhirat !!! ”

Hakim berkata : “ Ini harus ditulis dalam kemuliaan akhlak.” 
{ Tarikh Bagdad, 13/55 }

وبالله التوفيق وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه وسلم.