Senin, 13 Juli 2020

SUNNAH MAKAN SEMANGKA BERSAMA RUTHAB

SUNNAH MAKAN SEMANGKA BERSAMA RUTHAB

Musim panas di saudi sedang panen dan murah-murahnya Buah semangka, melon dan Kurma.

Di Suuq khudlar (pasar Buah) Unaizah kemaren beli 3 buah melon seharga 3 real. Dan di pasar kurma buraydah (pasar kurma terbesar di dunia) 3 buah semangka ukuran ekstra jumbo hanya dihargai 10 real.

Mumpung lagi musimnya nih Ada sunnah yang banyak dilupakan yaitu seputar makan semangka bersama kurma muda.

Semangka sifatnya dingin kurma sifatnya panas, panasnya ini dipadamkan dengan dinginnya itu, dinginnya itu dihangatkan dengan panasnya ini.

Ada hadits shahih dari Nabi shallallahu alaihi wasallam tentang makan semangka, yaitu riwayat Aisyah radliallahu anha: Bahwa dahulu Nabi shallallahu alaihi wasallam makan semangka bersama dengan Ruthab (kirma muda).
Dalam lafadz yang lain Aisyah radliallahu  anha berkata: Dahulu Rasulullah shallallahu alaihi wasallam makan semangka bersama kurma muda dan beliau bersabda:"Panasnya ini dipadamkan dengan dinginnya itu, dan dinginnya itu dihangatkan dengan panasnya ini".
الحديث الثابت عن النبي صلى الله عليه وسلم في البطيخ هو ما جاء عَنْ أم المؤمنين عَائِشَةَ رضي الله عنها : ( أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَأْكُلُ البِطِّيخَ بِالرُّطَبِ ) رواه الترمذي (رقم/1843) وقال : حسن غريب ، وصححه الألباني في " صحيح الترمذي " .
وفي لفظ: كانَ رسولُ اللَّهِ صلَّى اللَّهُ عليهِ وسلَّمَ يأكُلُ البطِّيخَ بالرُّطَبِ فيقولُ : نَكْسِرُ حرَّ هذا ببَردِ هذا ، وبَردَ هذا بِحَرِّ هذا
الراوي : عائشة أم المؤمنين | المحدث : الألباني | المصدر : صحيح أبي داود
الصفحة أو الرقم: 3836 | خلاصة حكم المحدث : حسن
التخريج : أخرجه أبو داود (3836) واللفظ له، والترمذي (1843)، والنسائي في ((السنن الكبرى)) (6722).

Imam Ahmad rahimahullah berkata: Tidak ada hadits shahih tentang memakan semangka kecuali Rasulullah shallallahu alaihi wasallam dahulu pernah memakannya. Dinukil dari kitab Al manar Al munif karya Ibnul Qayyim hal 130.

قال الإمام أحمد رحمه الله :
" لا يصح في فضل البطيخ شيء إلا أن رسول الله صلى الله عليه وسلم كان يأكله " انتهى نقلا عن " المنار المنيف " لابن القيم (ص/130) .

Ibnul Qayyim menjelaskan: "Ada banyak hadits tidak shahih tentang semangka kecuali satu hadits ini. Zadul Ma'ad 4/263.
ويقول ابن قيم الجوزية رحمه الله :
" في البطيخ عدة أحاديث لا يصح منها شيء غير هذا الحديث الواحد " انتهى من " زاد المعاد " (4/263) .

وقال السخاوي رحمه الله :
" حديث البطيخ وفضائله صنف فيه أبو عمرو النوقاني جزءا ، وأحاديثه باطلة ، قال أبو القاسم التيمي فيما أجاب به أبا موسى المديني : لا تزيده كثرة الطرق إلا ضعفا ، وقال النووي : إنه غير صحيح " انتهى من " المقاصد الحسنة " (ص/238) .
As Sakhawi berkata: Hadits tentang semangka dan keutamaannya telah dituliskan oleh Abu Amr An Nuqany, dan hadits-haditsnya batil, Abul Qasim At Taimy  menjawab pertanyaan Abu Musa Al Madiny: "Banyaknya sanad hadits tentangnya tidak berpengaryh kecuali menambah lemahnya, An Nawawi berkata: Haditsnya tidak shahih. Al maqasidul hasanah hal 238.
وينظر : " سلسلة الأحاديث الضعيفة " (رقم/167) ، (رقم/4012) .
Ustadz Berian muntaqo Fatkhuri lc Ma