Senin, 27 Juli 2020

BUKAN KHILAFIYAH

BUKAN KHILAFIYAH 

Akidah para sahabat Nabi, para tabi'in dan tabi'ut tabi'in dalam masalah al asma was shifat Allah itu SATU akidah. 

Mereka menetapkan nama-nama dan sifat-sifat bagi Allah sesuai dengan makna zahir dari nash-nash yang menyebutkan nama dan sifat Allah. Mereka juga mengimani bahwa Allah istiwa di atas Arsy. 

Mereka tidak menolak sifat-sifat Allah dan tidak melakukan takwil yang batil terhadap ayat-ayat sifat. 

Dan tidak ada khilafiyah di antara mereka dalam masalah ini.

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullah mengatakan:

أَنَّ جَمِيعَ مَا فِي الْقُرْآنِ مِنْ آيَاتِ الصِّفَات فَلَيْسَ عَنْ الصَّحَابَةِ اخْتِلَافٌ فِي تَأْوِيلِهَا. وَقَدْ طَالَعْت التَّفَاسِيرَ الْمَنْقُولَةَ عَنْ الصَّحَابَةِ وَمَا رَوَوْهُ مِنْ الْحَدِيثِ وَوَقَفْت مِنْ ذَلِكَ عَلَى مَا شَاءَ اللَّهُ تَعَالَى مِنْ الْكُتُبِ الْكِبَارِ وَالصِّغَارِ أَكْثَرَ مِنْ مِائَةِ تَفْسِيرٍ فَلَمْ أَجِدْ – إلَى سَاعَتِي هَذِهِ – عَنْ أَحَدٍ مِنْ الصَّحَابَةِ أَنَّهُ تَأَوَّلَ شَيْئًا مِنْ آيَاتِ الصِّفَاتِ أَوْ أَحَادِيثِ الصِّفَاتِ بِخِلَافِ مُقْتَضَاهَا الْمَفْهُومِ الْمَعْرُوفِ

“Semua ayat-ayat tentang sifat Allah di dalam Al Qur’an, tidak ada perbedaan di antara para sahabat Nabi dalam menafsirkannya. Aku telah menelaah kitab-kitab tafsir yang mengandung riwayat-riwayat dari para sahabat Nabi, dan juga perkataan para sahabat dalam hadits-hadits, dan aku telah mencarinya dalam waktu yang lama, sesuai dengan yang Allah kehendaki, dari kitab-kitab besar dan kitab-kitab kecil, lebih dari 100 kitab tafsir. Namun aku tidak menemukan sampai sekarang ada seorang sahabat Nabi pun yang menakwilkan satu saja dari ayat-ayat tentang sifat Allah atau menakwilkan hadits-hadits tentang sifat Allah sehingga mereka tidak memaknainya sesuai makna yang dipahami dari ayat” (Al Majmu’ Al Fatawa, 6/394).

Syaikh Abdullah bin Jibrin rahimahullah menyebutkan,

كان أبو عمرو عبد الرحمن الأوزاعي إمام المسلمين في عهد تابعي التابعين في الشام، يقول رضي الله عنه: كنا والتابعون متوافرون نقول: إن الله تعالى فوق عرشه فوق سماواته، ونؤمن بما جاء في كتاب الله من الصفات

Abu Amr Abdurrahman Al Auza'i, imam kaum Muslimin di masa tabi'ut tabi'in di Syam, beliau mengatakan: "Dahulu kami (tabi'ut tabi'in) dan juga para tabi'in yang ketika itu masih banyak jumlahnya, kami berkeyakinan bahwa Allah Ta'ala ada di atas Arsy di atas langit-langitNya, dan kami mengimani sifat-sifat Allah sebagaimana yang terdapat dalam Al Qur'an" (Syarah Aqidah Ahlissunnah, 1/9).

Inilah akidah yang benar, inilah jalan kebenaran. Yaitu jalan yang digariskan oleh Rasulullah Shallallahu'alaihi Wasallam sesuai pemahaman para sahabat, para tabi'in dan tabi'ut tabi'in.

Wallahu a'lam.

***

Join channel telegram @fawaid_kangaswad