Sabtu, 04 Juli 2020

Sulṭānul-‘Alawī Al-MagribīSYARIF MUHAMMAD III(Akidah & Sikapnya terhadap Asyā‘irah)

Sulṭānul-‘Alawī Al-Magribī
SYARIF MUHAMMAD III
(Akidah & Sikapnya terhadap Asyā‘irah)

Jauh sebelum Kerajaan Arab Saudi berdiri, telah banyak kesultanan² yang mempertahankan Akidah Salafi-Hanbali dan menyelamatkan umat Islam dari syubhat Akidah Islam yang berdiri diatas manhaj Ilmu Kalam. Salah satunya adalah Kesultanan ‘Alawiyyah di Maroko, misalnya diera kepemimpinan Sultan Syarif Muhammad Al-Mu‘taṣim Billah bin Abdillāh Al-Ḥasanī Al-Mālikī (1134-1204 H).

Disamping sebagai Umara yang adil nan bijaksana, Syarif Muhammad III juga terkenal sebagai Ulama yang fakih Mazhab Maliki. Adapun akidahnya adalah Salafi-Hanbali, bukan Asy‘ari-Maturidi. Sebagaimana disebutkan sendiri dalam kitabnya, Al-Jāmi‘ Aṣ-Ṣaḥīḥ Al-Asānīd Al-Mustakhraj min Sittah Masānīd (manuskrip hal. 143-144):

فصل في بيان قولي في الترجمة: المالكي مذهبا الحنبلي اعتقادا.
والأئمة رضي الله عنهم اعتقادهم واحد، فأردت أن أشرح قولي المالكي مذهبا الحنبلي اعتقادا، وأبين المقصود بذلك والمراد، لئلا يفهمه بعض الناس على غير وجهه.
وذلك أن الإمام أحمد، ثبت الله المسلمين بثبوته، سد طريق الخوض في علم الكلام، وقال: لا يفلح صاحب الكلام أبدا،...

Manurut Syarif Muhammad III, Akidah Para Imam adalah sama (satu), sebagaimana Akidahnya Imam Aḥmad. Dan Akidah yang berlandaskan Ilmu Kalam itu tidak akan beruntung (selamat). 

Oleh karena itu, demi menjaga keselamatan akidah rakyatnya, Syarif Muhammad III melarang membacakan kitab² Akidah Ahli Kalam seperti mazhab Asy‘ariyyah di negerinya. Sebagaimana disebutkan oleh Syekh Syihābuddīn Abul-‘Abbās An-Nāṣirī (1250-1315 H) dalam Al-Istiqṣā li-Akhbār Duwal Al-Magrib Al-Aqsā (8/68):

وكان السلطان سيدي محمد بن عبدالله رحمه الله، ينهي عن قراءة كتب التوحيد المؤسسة على القواعد الكلامية المحرر على مذهب الأشعرية رضي الله عنهم، وكان يحض الناس على مذهب السلف من الإكتفاء بالإعتقاد المأخوذ من ظاهر الكتاب والسنة بلا تأويل.

Demikianlah sosok agung Sultan Syarif Muhammad Al-Mu‘taṣim Billāh Al-Ḥasanī Al-Mālikī, seorang Umara sekaligus Ulama mazhab Maliki yang berakidah Salafi-Hanbali. Sikap tegasnya terhadap mazhab Asyā‘irah demi menjaga keselamatan Akidah rakyatnya, agar tidak terpesona dengan fatamorgana Akidah Ahli Kalam yang tidak akan beruntung. Semoga Allah membalasnya dengan Surga Firdaus, merahmati para Ulama yang tegar diatas Akidah Salaf Ahlussunnah, dan mengampuni ketergelinciran para Ulama yang terpesona dengan Ilmu Kalam. Amīn

Sekian dulu, semoga berfaedah.

Salam Persahabatan,
Alfan Edogawa