Selasa, 18 Juni 2024

Tukang sihir terbang naik sapu

Tukang sihir terbang naik sapu 

Faedah menarik disebutkan oleh Syaikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin dalam kitab Al Qaulul Mufid :

وذكر ذلك عنهم شيخ الإسلام ابن تيمية في السحرة الذين يستخدمون الجن وتطير بهم: أنهم يصبحون يوم عرفة في بلادهم ويقفون مع الناس في عرفة، وهذا ممكن الآن في الطائرات، لكن في ذلك الوقت ليس هناك طائرات; 

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah menyebutkan adanya para tukang sihir yang menggunakan bantuan para jin dan mereka bisa terbang dengan bantuan para jin. Bahwa mereka para tukang sihir pergi di pagi hari menuju ke Arafah dari negeri mereka untuk wukuf di Arafah bersama orang-orang. Hal ini mungkin bisa dilakukan dengan pesawat di zaman ini, namun di zaman dahulu tidak ada pesawat terbang.

فتحملهم الشياطين، ويجعلون للناس المكانس التي تكنس بها البيوت، ويقول: أنا أركب المكنسة وأطير بها إلى مكة، فيفعلون هذا، وشيخ الإسلام يقول: إن هؤلاء كذبة ومستخدمون للشياطين، ويسيئون حتى من الناحية العملية; لأنهم يمرون الميقات ولا يحرمون منه

Para setan tersebut pun membawa para tukang sihir terbang ke Arafah. Para dukun itu pun menunjukkan sapu yang biasa digunakan untuk menyapu rumah kepada orang-orang. Dan mereka mengatakan: Saya terbang menggunakan sapu ini sampai ke Mekkah. Dan mereka memang melakukan hal itu. Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah mengatakan: Mereka adalah para pendusta! padahal mereka menggunakan bantuan setan. Dan mereka senantiasa melakukan keburukan, bahkan dalam perkara amal ibadah. Mereka melewati miqat (ketika terbang) dan tidak berihram dari miqat.

(Al Qaulul Mufid fi Syarhi Kitabit Tauhid, 1/316).

Pelajaran dari kisah di atas :

1. Adanya tukang sihir yang terbang menggunakan sapu, namun sejatinya bukan sapunya yang bisa terbang melainkan itu adalah bantuan dari setan.
2. Para dukun dan tukang sihir sering bekerjasama dengan setan.
3. Para dukun dan tukang sihir adalah para pendusta. 
4. Para dukun dan tukang sihir senantiasa berusaha menyesatkan manusia dari jalan Allah dengan menggunakan tipuan-tipuan.
5. Bisa terbang bukan berarti tanda wali Allah. Bahkan bisa jadi itu adalah bantuan setan, sehingga ia menjadi wali setan.
6. Orang yang akidahnya buruk akan menyebabkan ia jatuh pada keburukan-keburukan dalam amalan ibadah. 
7. Tidak boleh bersengaja tidak berihram di miqat.
8. Tempat suci tidak menjadikan orang-orang di dalamnya suci. Bahkan tukang sihir pun ada yang ikut wukuf di Arafah.

Wallahu a'lam.

@fawaid_kangaswad