Kamis, 11 April 2024

Ziarah Kubur di Momen Lebaran

[ Ziarah Kubur di Momen Lebaran ]

Pada dasarnya ziarah kubur adalah hal yang disyariatkan bagi jiwa, terutama karena dampaknya bagi hati.

زوروا القبورَ فإنها تُذكرُكم بالآخرةِ

"Berziarah kuburlah kalian, karena ziarah kubur akan mengingatkan kalian pada kehidupan akhirat" (HR An Nasa'i, shahih)

Jika yang dimaksud ialah ziarah kubur random, tentu hal tersebut mudah. Menziarahi kubur dekat rumah tinggal kita misalnya, meskipun kita tidak mengenal siapa yang kita ziarahi. Namun dalam realita, berziarah ke kuburan mendiang kerabat, orangtua, kakek, nenek, hal ini memerlukan momentum yang seringkali hanya ada saat hari lebaran. 

Oleh karenanya ini tidak termasuk ke dalam pengkhususan dalam rangka mencari keutamaan tertentu. Hanya sekedar memanfaatkan momentum libur panjang yang memang di negeri kita adanya di saat lebaran. Ibn Baz rahimahullah berkomentar,

أما إذا خصصه لأنه أفرغ له، ما عنده وقت إلا ذلك الوقت؛ فلا بأس بذلك

Adapun jika mengkhususkan ziarah kubur (di hari 'Ied) karena senggang, tidak ada waktu lagi kecuali di momen tersebut maka tidak mengapa yang demikian.

Para ulama menyebutkan bahwa penghuni kubur tahu jika ada yang berkunjung bahkan sekedar melewati kuburannya.

 ما من أحد مر بقبر أخيه المؤمن كان يعرفه في الدنيا ، فسلم عليه ، إلا عرفه ورد عليه السلام 

"Tidaklah seorang melewati makam saudaranya yang mukmin yang ia kenal selama di dunia dan ia memberi salam kepadanya, melainkan ia akan mengenalinya dan membalas salamnya" (HR Ibn Abdil Barr, hadits ini dinukil juga oleh Ibn Taimiyah dalam Majmu' Fatawa)

Ibnul Qayyim rahimahullah mengatakan,

والسلف مجمعون على هذا ، وقد تواترت الآثار عنهم بأن الميت يعرف زيارة الحي له ويستبشر به

"Para salaf bersepakat atas hal tersebut, dan telah mutawatir atsar bahwa mayit mengetahui akan ziarah/kunjungan dari orang yang hidup dan memberi kabar tentangnya"

Maka silahkan manfaatkan momentum tidak hanya saat libur hari raya, atau libur yang lain yang dengannya kita dapat mengunjungi makam keluarga, teman yang kita kenal selama di dunia. Jangan lupa yang terpenting yaitu mendoakan mereka dengan ampunan dan rahmat, karena yang demikian jelas membawa manfaat bagi mayit.
Ustadz yhouga