Kamis, 04 April 2024

Dizaman tabi'in seorang berkata :Aku masuk kota bashrah dan menemukan pintu² pasar nya terkunci, rumah² pendudukpun tertutup, heran..?

Dizaman tabi'in seorang berkata :
Aku masuk kota bashrah dan menemukan pintu² pasar nya terkunci, rumah² pendudukpun tertutup, heran..?

Lalu aku melihat satu orang yg lalu lalang dihadapanku dan aku bertanya :

أعندكم عيد لا أعرفها؟؟

Apa kalian (penduduk kota ini) memiliki hari Raya yg aku tidak tahu??

Ia menjawab : 

لا ، ولكن الحسن في المسجد يعظ الناس.

Tidak !!
Tetapi dimasjid sedang berlangsung pengajian bersama Imam Hasan Al-Bashriy.

#Kehormatan_Majlis_Ilmu_dan_Ulama
__________________

▶ Begitu salah satu Rahasia kota Bashroh dan penduduk nya menjadi salah satu icon bersinar islam waktu itu, karena penduduknya yg sangat mengedepankan Ilmu dan para Ulama.

▶ Beliau (Al-Hasan) meriwayatkan dari Sahabat Abuddarda RA :

كن عالما أو متعلما أو محبا أو متبعا ولا تكن خامسا فتهلك

"Kau jadilah seorang yg berilmu, atau yg penuntut ilmu, atau pencinta ilmu, atau minimal mengikut kepada konsekwensi ilmu, dan jangan jadi yg ke lima sehingga engkau binasa."

Ustadz أبو ريان الإندونيسي