Minggu, 30 Januari 2022

Ditanyakan kepada Asy-Syaikh Shalih al-fauzan hafidzhahullah, "Aku mempelajari ilmu (syar'i) bertahun-tahun akan tetapi wawasan ilmu yang aku miliki tidak kokoh dan aku merasa tidak mendapatkan faedah. Maka nasehatilah kami !"

Ditanyakan kepada Asy-Syaikh Shalih al-fauzan hafidzhahullah, 

"Aku mempelajari ilmu (syar'i) bertahun-tahun akan tetapi wawasan ilmu yang aku miliki tidak kokoh dan aku merasa tidak mendapatkan faedah. Maka nasehatilah kami !" 

Maka beliau menjawab,
"Janganlah engkau katakan aku merasa tidak memiliki faedah pun !!" 

Karena sungguh seluruh gerak-gerik seorang penuntut ilmu adalah bernilai ibadah sebagaimana gerak-geriknya seorang yang bertaubat berhijrah menuju negri yang lebih baik. Dan hendaknya tujuanmu (Tholabulilmi) bukanlah agar dikatakan sebagai 'alim akan tetapi bertujuan untuk:

• Menghilangkan kebodohan dari dirimu
• Agar engkau dapat beribadah kepada Allah ta'ala dengan benar
• Dan agar akidahmu selamat

Walaupun ilmumu tidak memberikan manfaat kecuali dirimu atau keluargamu maka sungguh itu adalah sebuah kebaikan yang banyak.

📚 [Al Washaya Al Jaliyyah Lil-Istifadah dari durus Asy-Syaikh Sholih al-fauzan hafidhahullah]
Ustsdz muhammad iqbal