Jumat, 06 November 2020

Terjemah Khutbah Jum’at Masjid Nabawi*Tanggal 20 Rabiul Awwal 1442 HOleh : *Syekh Sholah bin Muhammad Budair hafidzahullah*

*Terjemah Khutbah Jum’at Masjid Nabawi*
Tanggal 20 Rabiul Awwal 1442 H
Oleh : *Syekh Sholah bin Muhammad Budair hafidzahullah*

Link khutbah : https://youtu.be/9IgM36BklWA

Tanda-Tanda Kiamat

*Khutbah Pertama:*
 Segala puji bagi Allah Yang memulai penciptaan dan menghidupkan kembali, Dia melakukan apa yang Dia kehendaki dan memutuskan apa yang Dia inginkan, aku memujiNya karena Dialah yang berhak dipuji dan diagungkan. Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan yang berhak disembah kecuali Allah semata, tidak ada sekutu bagiNya, kepadaNya kembali pengetahuan tentang hari kiamat, dan kepadaNya tempat kembali pada hari yang dijanjikan. Aku bersaksi bahwa nabi dan pemimpin kita Muhammad adalah hamba dan rasulNya, manusia termulia di bawah kolong langit dan di atas bumi, siapa yang mentaatinya akan masuk surga, dan siapa yang mendurhakainya dialah yang terusir jauh, semoga shalawat dan salam tercurahkan kepadanya, juga kepada keluarga dan para sahabatnya selama siang dan malam terus berganti.
 Selanjutnya
 Wahai kaum muslimin sekalian... bertakwalah kepada Allah, takutlah akan perjumpaan denganNya, dan waspadalah dari azabNya yang pedih, 

﴿مَن عَمِلَ صالِحًا فَلِنَفسِهِ وَمَن أَساءَ فَعَلَيها وَما رَبُّكَ بِظَلّامٍ لِلعَبيدِ﴾

“Barangsiapa beramal shaleh maka itu untuk dirinya, dan barangsiapa melakukan keburukan maka dia pula yang akan mendapat balasannya, dan Tuhanmu tidaklah menzalimi hambaNya".

 Kaum muslimin sekalian...
 Telah dekat ajal dunia dan penghabisannya, sudah hampir tiba masa hilangnya dan kehancurannya, telah dekat terjadinya hari kiamat. Rasulullah shallallahu alaihi wasallam telah mengabarkan tentang kejadian-kejadian dan tanda-tandanya, beliau telah menjelaskan alamat terjadinya, beliau peringatkan pendahuluan-pendahuluan kejadiannya agar manusia terbangun dari kelalaiannya, berhati-hati, mempersiapkan dirinya, mengoreksi perbuatannya dan bertobat sebelum ia datang dengan tiba-tiba,

﴿فَهَل يَنظُرونَ إِلَّا السّاعَةَ أَن تَأتِيَهُم بَغتَةً فَقَد جاءَ أَشراطُها﴾

 “Maka tidaklah yang mereka tunggu-tunggu melainkan kedatangan hari kiamat kepada mereka dengan tiba-tiba, karena sesungguhnya telah datang tanda-tandanya”.

 Tanda-tanda kiamat yang datang melalui kabar yang benar dan riwayat yang sahih tidak boleh ditolak dan diingkari.
apa yang tertera dalam nash dari tanda-tanda kiamat
maka semuanya benar tanpa keraguan
 Kaum muslimin sekalian...
 Di antara tanda-tandanya yang telah nampak dan sudah berlalu adalah diutusnya nabi dan pemimpin kita Muhammad shallallahu alaihi wasallam, penutup para nabi dan rasul, yang Allah sempurnakan dengannya agama dan Allah tegakkan dengannya hujjah bagi seluruh alam, yang diutus menjelang hari kiamat, beliau bersabda: antara aku dan hari kiamat seperti dua jari ini, beliau mengisyaratkan dua jarinya. muttafaq alaih.
 Rasulullah shallallahu alaihi wasallam menghitung kematiannya adalah salah satu tandanya, dan kematian beliau adalah salah satu musibah terbesar yang menimpa umat islam, Anas bin Malik radhiyallahu anhu berkata: “Hari dimana rasulullah shallallahu alaihi wasallam masuk ke kota Madinah bercahayalah segala sesuatu, dan hari ketika beliau meninggal gelaplah segala sesuatu, dan tidaklah kami menimbun jasad rasulullah dengan tangan kami kecuali hati kami sebenarnya menolak. HR.Tirmidzi.
 Sesungguhnya sebelum kiamat terjadi ada hari-hari yang tersebar kebodohan, ilmu diangkat, amalan berkurang, dan muncul kekacauan dan huru hara, yang meringankan sebagian dari sebagian yang lain. Fitnah datang dan seorang mukmin berkata: aku akan binasa, kemudian fitnah itu hilang, kemudian muncul fitnah yang lain, maka sang mukmin berkata lagi: ini akan membinasakanku, hingga seseorang ketika melewati sebuah kuburan dia berkata: duhai seandainya aku penghuni kuburan ini. Akan tersebar kekikiran, terjadi banyak pembunuhan, sampai tiba suatu masa, seorang pembunuh tidak sadar mengapa ia membunuh, dan orang yang dibunuh tidak tau sebab ia dibunuh, dan pembunuh serta yang dibunuh keduanya di neraka.
 Akan datang kepada manusia tahun-tahun yang penuh dengan penipuan, pembohong dibenarkan, sedangkan orang jujur didustakan, pengkhianat dipercaya, sebaliknya orang terpercaya justru dianggap pengkhianat. Ruwaibidhah ikut berbicara, yaitu orang-orang dungu yang ikut membicarakan perkara besar. Amanah dilalaikan, urusan diserahkan kepada selain ahlinya dan ilmu dicari dari orang-orang bodoh. Manusia saling berbangga dengan memegahkan masjid namun mereka tidak memakmurkannya kecuali sedikit.
 Waktu semakin terasa pendek; setahun terasa hanya sebulan, sebulan terasa hanya seminggu, seminggu terasa sehari, sehari terasa hanya sejam, dan sejam hanya seperti terbakarnya daun kering, dan apabila telah dekat kiamat, mimpi seorang mukmin hampir tidak pernah salah, dan mimpi seorang mukmin adalah satu dari empat puluh bagian kenabian. Tidak akan terjadi kiamat sampai binatang buas berbicara kepada manusia, manusia berbicara dengan cambuk dan sendalnya, bahkan pahanya mengabarkan apa yang dikerjakan istrinya di belakangnya.
 Ketika agama lemah dan ilmu agama dijauhi, Dajjal penebar kesesatan akan keluar, dia adalah salah satu keturunan Adam, dan antara penciptaan Adam sampai hari kiamat tidak ada makhluk yang lebih besar dari Dajjal, fitnahnya adalah fitnah terbesar, mata kanannya buta seolah-olah buang anggur yang menjorok, tertulis di antara dua matanya kafir yang bisa dibaca oleh setiap mukmin yang pandai membaca dan yang tidak pandai membaca, dia akan keluar dari seblah timur, bersamanya tujuh puluh ribu yahudi dan akan berkeliling di muka bumi, tidak ada satu negri pun kecuali ia akan masuki kecuali Mekkah dan Madinah, dan Madinah akan bergoncang tiga kali goncangan dan akan keluar darinya semua orang kafir dan munafik.
 Dajjal tinggal empat puluh hari, satu hari seperti setahun, satu hari seperti sebulan, satu hari seperti satu pekan dan hari-hari lainnya seperti hari-hari kalian, setelah itu ia mendatangi suatu kaum dan menyeru mereka, dan mereka menerimanya, lalu ia memerintahkan langit agar menurunkan hujan, langit lalu menurunkan hujan, ia memerintahkan bumi agar mengeluarkan tumbuh-tumbuhan, bumi lalu mengeluarkan tumbuh-tumbuhan, lalu binatang ternak mereka pulang dengan punuk yang panjang, lambung yang lebar dan kantong susu yang berisi, lalu ia mendatangi kaum lalu menyeru mereka, mereka mendustakannya dan mereka membalikkan kata-katanya,  ia meninggalkan mereka lalu ia diikuti oleh harta-harta mereka hingga mereka tidak lagi memiliki apa pun, lalu Dajjal mendatangi perkampungan yang tinggal puing-puing dan berkata kepadanya: "Keluarkan harta simpananmu” lalu Dajjal meninggalkannya dan kekayaan-kekayaan bumi mengikutinya seperti ratu lebah, bersamanya surga dan neraka; nerakanya adalah surga, sedangkan surganya adalah neraka, juga bersamanya ada dua sungai yang mengalir, salah satunya airnya putih dan satunya lagi api yang menyala-nyala, maka barangsiapa yang mendapatinya di antara kalian, hendaklah ia mendatangi yang ia lihat seperti api karena sesungguhnya ia adalah air tawar dingin dan enak.
 Di antara tanda akan dekatnya Dajjal tidak disebutkannya lagi ia di mimbar-mimbar, maka mintalah perlindungan kepada Allah dari fitnahnya, dan bentengilah diri Anda dengan keimanan agar Anda selamat dari fitnahnya.
 Dajjal adalah makhluk lemah dan akan mati, sedangkan Allah tidak ada Tuhan yang berhak disembah kecuali Dia, pencipta segala sesuatu, yang maha hidup dan tidak akan mati.
 Ketik fitnah Dajjal memuncak, Allah mengutus Isa bin Maryam alaihissalam yang turun di menara putih seblah selatan damaskus sambil meletakkan dua telapak tangannya di atas sayap dua malaikat, dan beliau mendapati Dajjal di pintu Ludd palestina, maka ia pun membunuhnya dengan tombaknya, dan kaum mukminin ikut membunuh pengikutnya dan merekapun kalah.
 Nabi Isa bin Maryam shallallahu alaihi wasallam turun sebagai imam dan pemimpin yang adil. Pada zaman Isa alaihissalam Allah mengizinkan Ya’juj dan Ma’juj untuk keluar. Mereka dari golongan manusia dari keturunan Adam dan Hawa alaihimassalam, mereka dinamakan demikian karena banyaknya dan kuatnya jumlah mereka, dan merekapun merobohkan penutup yang dibangun oleh raja Dzulqarnain, maka merekapun turun dengan cepat dari tempat yang tinggi,  tidaklah mereka melewati suatu air kecuali mereka minum semuanya, atau sesuatu apapun kecuali mereka merusaknya, kelompok pertama dari mereka melewati danau tiberias maka merekapun meminum airnya kemudian lewat kelompok terakhir maka merekapun berkata: dahulu disini ada airnya.
 Manusia berlarian dari mereka, maka mereka pun semakin angkuh dan sombong, mereka berkata: kita telah membunuh penduduk bumi, mari kita bunuh penduduk langit, maka merekapun melemparkan anak panah mereka ke arah langit, dan Allah mengembalikannya penuh dengan darah.
 Kemudian Allah menurunkan ulat di leher-leher mereka maka mereka pun mati sekaligus, hingga tidak ada satu jengkal pun di bumi kecuali penuh oleh bau busuk dan bacin mayat-mayat mereka, maka nabi Isa dan pengikutnya berdoa kepada Allah, maka Allah mengirimkan burung-burung yang membawa mereka dan meletakkan mereka di suatu tempat yang dikehendaki oleh Allah, kemudian Allah mengirimkan hujan yang merata di bumi dan membersihkannya, kemudian dikatakan kepada bumi: “Tumbuhkanlah buah-buahanmu dan luapkanlah keberkahanmu”.  Maka pada saat itu sekelompok manusia cukup makan dari sebiji buah delima saja -karena amat besarnya. Merekapun dapat bernaung di bawah kulit tempurung delima tadi- dan dikaruniakanlah keberkahan dalam air susu, sehingga seekor unta yang mengandung air susu dapat mencukupi segolongan besar dari para manusia, seekor lembu yang mengandung air susu dapat mencukupi sekabilah manusia, sedang seekor kambing yang mengandung susu dapat mencukupi sedesa manusia, dan keamanan merata di muka bumi sampai-sampai singa makan bersama onta, harimau bersama sapi dan serigala bersama kambing. Anak-anak kecil bermain dengan ular tidak menyakiti mereka, tidak ada rasa dengki, tidak ada saling benci dan saling iri. Manusia hidup selama tujuh tahun tidak ada satupun permusuhan antara dua orang. Nabi Isa tinggal di bumi empat puluh tahun, kemudian beliaupun meninggal dan dishalati oleh umat islam. Tidak akan terjadi hari kiamat sampai matahari terbit dari seblah barat, jika matahari terbit dari barat; manusia pun melihatnya dan mereka pun semuanya beriman, namun ketika itu tidak bermanfaat lagi bagi siapapun keimanan orang yang baru beriman ketika itu atau belum melakukan kebaikan dalam masa imannya, dan binatang melata pun keluar kepada manusia di waktu dhuha yang memberi tanda kepada mereka dengan belalainya; untuk membedakan antara mukmin dan kafir, dan berbicara kepada manusia bahwasanya mereka tidak yakin terhadap ayat-ayat Allah. Kemudian Allah mengirimkan angin dingin maka tidak tersisa satu pun di atas muka bumi seseorang yang dalam hatinya ada seberat biji dzarrah kebaikan atau keimanan kecuali akan mati, dan tersisalah manusia-manusia jahat yang tidak tau antara yang baik dan yang buruk, penyembah berhala dan patung-patung, dan pada merekalah terjadi hari kiamat.
 Kemudian muncullah api dari Yaman yang menggiring manusia ke padang Mahsyar, api menyertai mereka siang dan malam. Kiamat terjadi sementara ada orang tengah memerah susu untanya belum juga wadah sampai ke mulutnya hingga kiamat terjadi, dua orang saling berjual beli, belum juga keduanya berjual beli hingga kiamat terjadi dan seseorang memperbaiki telaganya, belum juga ia kembali hingga kiamat terjadi. Tidak akan terjadi kiamat kecuali pada hari jumat, maka apabila ditiup sangkakala tidak akan tersisa satu makhluk pun di langit dan di bumi kecuali akan mati kecuali siapa yang dikehendaki oleh Allah, kemudian Allah pun menurunkan hujan maka tumbuhlah jasad-jasad manusia seperti sayur mayur, kemudian ditiupkan lagi sangkakala untuk kebangkitan tiba-tiba mereka keluar dengan segera dari kuburnya menuju Tuhan mereka. Antara dua tiupan ada masa empat puluh kemudian dikatakan wahai sekalian manusia kemarilah menuju Tuhan kalian
﴿وَقِفوهُم إِنَّهُم مَسئولونَ﴾

 “Dan tahanlah mereka (di tempat perhentian) karena sesungguhnya mereka akan ditanya”

﴿وَلا تَدعُ مَعَ اللَّهِ إِلهًا آخَرَ لا إِلهَ إِلّا هُوَ كُلُّ شَيءٍ هالِكٌ إِلّا وَجهَهُ لَهُ الحُكمُ وَإِلَيهِ تُرجَعونَ﴾

 “Tiap-tiap sesuatu pasti binasa, kecuali Allah. Bagi-Nya lah segala penentuan, dan hanya kepada-Nya lah kamu dikembalikan”.
 
*Khutbah Kedua* :
Segala puji bagi Allah atas kebaikanNya. Puji syukur kepadaNya atas pertolonganNya dan anugerahNya. 
Aku bersaksi, tidak ada Tuhan selain Allah semata, tidak ada sekutu bagiNya, sebagai pengagungan terhadap kedudakanNya.
Akupun bersaksi, nabi dan pemimpin kita Muhammad shallallahu alaihi wasallam adalah hambaNya dan rasulNya, yang menyeru kepada keridhaanNya.
Semoga salawat dan salam tercurah sebanyak-banyaknya kepadanya beserta segenap keluarganya dan sahabatnya.
Selanjutnya:
 Kaum muslimin sekalian ! Bertakwalah kepada Allah. Mendekatlah selalu kepadaNya dengan mematuhiNya, bukan mendurhakaiNya.
Firman Allah :
"Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah kalian bersama orang-orang yang jujur".
Kaum muslimin sekalian !
Apa yang terjadi pada diri kalian bilamana terompet kiamat telah ditiupkan yang membuat pengelihatan manusia terbelalak. 
Bagaimana keadaan kalian ketika lembaran catatan amal telah berterbangan, titian (shirat) telah terpasang, manusia terkurung dosa, surga didekatkan, neraka dibukakan.
Apa yang terjadi ketika kalian menghadapi pertanyaan dan penghitungan amal, saat semua organ tubuh bersaksi dan buku catatan amal digelar.
Saat semua jalan terputus dan siksa mendekat. Maka marilah bersegera bertobat dan kembali kepada Allah. Sungguh tiba saatnya kita menangis dan bercucuran air mata. Semoga Allah menerima pertobatan orang yang serius bertobat.
Orang yang bertobat dari dosa sama seperti orang yang bersih dari dosa. Oleh karenanya, susulilah waktu Anda dengan kebaikan sebelum terlambat.
Sungguh janji Allah pasti datang. Ya Allah selamatkanlah kami dari segala malapetaka. Jadikanlah kami pada hari kejutan dahsyat nanti termasuk orang-orang yang aman, dan orang-orang yang beruntung saat perjumpaan denganMu.
Hamba Allah !
 Sesungguhnya Allah memerintahkan kalian dengan suatu amal yang Allah memulainya dari diriNya, lalu ditindaklanjuti oleh para malaikatNya yang selalu bertasbih kepadaNya. Kemudian memerintahkan kepada manusia dan jin secara tegas.
"Sesungguhnya Allah dan malaikatNya bersalawat kepada nabi. Wahai orang-orang yang beriman, sampaikanlah salawat dan salam kepadanya dengan sesungguhnya".
 Ya Allah, curahkanlah salawat dan salam kepada nabi pilihan dan unggulan. Ya Allah curahkanlah rahmat kepadanya beserta sahabat-sahabatnya; kaum Anshar dan Muhajirin serta seluruh keluarganya dan sahabat-sahabtanya yang terpilih.
 Ya Allah, muliakanlah islam dan kaum muslimin, rendahkanlah kemusyrikan dan kaum musyrikin, musnahkanlah musuh-musuh agamaMu Ya Tuhan semesta alam.
 Ya Allah, sucikanlah / selamatkanlah Masjidil Aqsa dari cengkeraman kaum agresor Wahai Tuhan semesta alam 
Ya Allah, jadilah Engkau pelindung bagi kaum yang lemah di manapun mereka berada.
Ya Allah, tolonglah pemerintah kami untuk melakukan hal-hal yang Engkau cintai dan Engkau ridhai. Bimbinglah mereka ke jalan yang mendatangkan kebaikan dan ketakwaan. 
Mudahkanlah urusan seluruh penyelenggara pemerintahan kaum muslimin untuk bertahkim kepada hukum syariatMu dan mengikuti sunah nabiMu shallallahu alaihi wasallam.
Ya Allah, dukunglah pemerintah kami dengan para pendamping yang saleh dan memberikan nasihat ke jalur kebajikan. Berilah mereka kemudian untuk itu Ya Tuhan semesta alam.
Ya Allah curahkanlah hujan kepada kami. Siramilah kami dengan hujan yang menyelamatkan, menghidupkan, menyegarkan, menumbuhkan, mengalir, merata, lestari, deras, membawa manfaat, bukan mendatangkan bencana, segera bukan tertunda lama.
Ya Allah, siramkanlah kepada kami air hujan, janganlah Engkau jadikan kami orang-orang yang berputus asa.
Ya Allah, janganlah Engkau jadikan kami kaum yang patah hati. Ya Allah, janganlah Engkau jadikan kami orang-orang yang terhalang dari rahmat Wahai Tuhan yang Maha Pemurah.
Ya Allah, Kami adalah bagian dari makhlukMu, maka janganlah Engkau menghalangi kami dari anugerahMu lantaran dosa-dosa kami.
Ya Allah, curahkanlah kemurahan rahmatMu kepada kami. Ya Allah, curahkanlah kemurahan rahmatMu dan kebaikanMu kepada kami. Anugerahkanlah kepada kami rezekiMu dan karuniaMu.
Ya Allah, kami memohon ampunanMu. Sungguh Engkau Maha Pengampun. Turunkanlah kepada kami hujan yang deras. Sanyangilah orang-orang tua yang selalu rukuk dan bertasbih dengan khusyuk. Sayangilah anak-anak kecil yang sedang menyusu dan binatang ternak yang dikembala di padang rumput Wahai Tuhan yang Maha Pengasih, Maha Pemurah dan Maha Pengampun.
Ya Allah Tuhan yang kepadaNya seluruh makhluk membutuhkan anugerahNya. Ya Allah Tuhan yang kenikmatanNya tercurah kepada orang-orang yang tidak berhak, janganlah Engkau menolak permohonan kami sehingga kami kembali dengan tangan hampa, sedangkan Engkau Maha kaya, tidak butuh kepada alam semesta.
Ya Allah, selamatkanlah kami, tolonglah kami, Ya Tuhan yang Maha pengasih.
Hamba Allah, sesungguhnya Allah  memerintah kalian berlaku adil dan berbuat kebajikan serta menunaikan hak kaum kerabat. 
Allah melarang berbuat keji, mungkar dan zalim. Allah menasihatkan kepada kalian agar kalian ingat. Maka hendaklah kalian selalu ingat kepada Allah yang Maha agung dan luhur, niscaya Dia ingat kepada kalian.
Bersyukurlah kepadaNya atas nikmat-nikmatNya, niscaya akan menambahnya untuk kalian.
Sungguh berzikir kepada Allah itu besar pahalanya. Sesungguhnya Allah mengetahui apa yang kalian lakukan.
Ustadz Iqbal Gunawan lc Ma