Jumat, 20 November 2020

MATI DI ATAS ISLAM DAN SUNNAH

MATI DI ATAS ISLAM DAN SUNNAH

Ketahuilah, orang yang mati di atas sunnah, sesungguhnya dia telah beruntung dan mendapatkan seluruh kebaikan.

Berkata Imam Ahmad rahimahullah:

«مَنْ مَاتَ عَلَى الإِسْلاَمِ وَالسُّنَّةِ مَاتَ عَلَى الخَيْرِ كُلِّهِ».سير أعلام النبلاء (11/296).

"Barang siapa yg mati diatas islam dan sunnah, maka dia mati diatas kebaikan seluruhnya." (Siyar A'lam an-Nubala' (11/296).

Berkata Al-Fudhail bin Iyadh rahimahullah :

طوبى لمن مات على الإسلام والسنة

Beruntunglah bagi seseorang yang meninggal di atas Islam dan Sunnah. (Syarh Ushul I'tiqad al-Lalikai 268).

Jika ada seseorang mati di atas sunnah, maka berbahagialah, janganlah kuatir dengan keadaannya.

Berkata Mu'tamir bin Sulaiman rahimahullah :

دخلت على أبي وأنا منكسر فقال مالك قلت مات صديق لي قال مات على السنة قلت نعم قال فلا تخف عليه.

"Aku masuk menemui ayahku dalam keadaan sedih, maka ia berkata:" Kamu kenapa?

Aku berkata: "Salah seorang temanku meninggal." Dia berkata, " Mati di atas sunnah?" Aku berkata: "Iya." Dia berkata: "Tidak usah kau khawatirkan (keadaannya)." (Al Lalikai 1/67/61).

Bahkan orang yang mati di atas sunnah, walaupun dia membawa dosa sepenuh bumi, dia akan berkumpul dengan para nabi dan shiddiqiin, para syuhada dan orang-orang sholeh di surga.

Berkata Imam Malik rahimahullah :

لو لقي الله رجل بملء الأرض ذنوباً ثم لقي الله بالسنة لكان في الجنة مع النبيين والصديقين والشهداء والصالحين وحسن أولئك رفيقا

"Kalau sekiranya Allah bertemu dengan seseorang yang membawa dosa sepenuh bumi, kemudian bertemu dengan Allah dengan membawa sunnah, pastikah dia berada di surga bersama para nabi dan shiddiqiin, para syuhada dan orang-orang sholeh, dan.merekalah sebaik-baik teman." (Dzammul Kalami Wa Ahlihi (77-5/76).

Semoga Allah Ta'ala memberikan kekuatan kepada saya dan antum semua untuk mengikuti ilmu yang bermanfaat dan diberikan taufik untuk senantiasa mengamalkan segala sesuatu yang dicintai dan diridhaiNya serta diwafatkan di atas islam dan sunnah, sebagaimana para ulama yang beberapa waktu terakhir ini wafat di atas islam dan sunnah.

Berkata Imam Ahmad rahimahullah:

أحبوا أهل السنة على ما كان منهم . أماتنا الله وإياكم على السنة والجماعة ، ورزقنا الله وإياكم اتباع العلم . ووفقنا وإياكم لما يحبه ويرضاه». طبقات الحنابلة : 1/345.

“Cintailah ahlus sunnah atas apa yang ada pada mereka, semoga Allah mewafatkan saya dan kalian di atas ahlus sunnah wal jamā’ah, menganugerahkan kepada kita agar mengikuti ilmu dan memberikan taufik agar kita senantiasa di dalam perkara yang dicintai dan diridhai-Nya.” (Thabaqāt al-Hanābilah (1/345)).

AFM

Copas dari berbagai sumber

https://abufadhelmajalengka.blogspot.com/2020/11/mati-di-atas-islam-dan-sunnah.html