Senin, 23 November 2020

BismillahSiapakah sebenarnya orang yang paling cerdas?

Bismillah
Siapakah sebenarnya orang yang paling cerdas?
Anggapan umum bhw orang yang paling cerdas adalah orang yang memiliki tingkat IQ yang tinggi. Mnrt para ahli rata rata IQ manusia antara 100-120 hanya setengah dr populasi manusia yang memiliki IQ diatas 140. Albert Einstein yg dikenal jenius memiliki IQ 160-190. Dan, orang orang yang selevel dengan dia sangat sedikit. 
Tapi tahukah anda? Kecerdasan intelegensia sebenarnya bkn ukuran segala galanya bagi sebuah kesuksesan dan kemuliaan. Masih ada bbrp bidang kecerdasan yg menopang keberuntungan selain IQ, yaitu kecerdasan spritual atau SQ (Spritual Quotient) dan kecerdasan emosional atau EQ (Emotional Quotient). Yang menarik Mnrt Abu Bakar Ashiddiq Radiyalahu Anhu ternyata kecerdasan yang paling tinggi adalah kecerdasan spritual. Mau tau pernyataan beliau? Perhatikan ungkapan berikut:
اعلموا أن أكيس الكيس التقوى وأن أحمق الحمق الفجور....(الطبقات الكبرى )
"Ketahuilah bahwa kecerdasan yang paling cerdas adalah ketaqwaan dan kebodohan yang paling bodoh adalah keburukan/dosa...(Thabaqat Alkubro Ibnu Sa'ad).
Jadi sebenarnya ketaqwaan seseorang kpd Allah sdh cukup untuk dikatakan bhw ia adalah org yg paling cerdas meskipun IQnya tak sampai diatas 140...
Ustadz muhsan Syarafudin