Jumat, 19 Juli 2019

Nasehat pencari ilmu

#نصيحة_إلى_طالب_العلم
#Nasehat_Untuk_Para_Pencari_Ilmu

إذا سلكتَ سبيل العلماء في طلب العلم فلا تتشاغل بمن يترصَّد طريقك، فتارةً يناقشك في شيوخك، وتارةً في تمذهبك، وتارةً في مسائل اجتهادية لن يمكن حسمها، إنَّ انشغالك بهؤلاء يؤخرك عن هدفك السامي الذي تسعى إليه.
Jika engkau sedang mempuh jalan para ulama dalam mencari ilmu, jangan sibukkan dirimu dengan oranh-orang yang menghadang jalanmu; terkadang mereka mendebatmu perihal guru-gurumu, terkadang perihal mazhabmu, dan terkadang perihal masalah-masalah ijtihadiah yang tidak mungkin dapat diputus. Sungguh kesibukanmu dengan mereka akan menundamu dari tujuan luhur yang yang engkau kejar.

#امضِ_قدمًا في سبيلك،، وسيأتي اليوم الذي يعترف فيه هؤلاء أنهم أخطأوا وأنك كنتَ على الصواب.
#امض_قدمًا في سبيك ولا تضيّع وقتك في إقناعهم، خاصةً وأنَّ بعضهم قد يكون حاسدًا فكيف ترجو مودته؟!
#Teruslah_berjalan! Akan datang masanya dimana mereka mengakui salah dan engkaulah yang benar.
#Teruslah_berjalan! Jangan kau sia-siakan waktumu untuk memuaskan mereka. Apalagi sebagian mereka mungkin karena faktor dengki, bagaimana mungkin kau berharap cintanya?

لقد انتفعتُ كثيرًا بكلمة سمعتها من شيخي المحدث أبي الحسن مصطفى السليماني حفظه الله تعالى قبل أكثر من خمسة عشر سنة ينقلها عن العلامة ابن القيم رحمه الله تعالى حيث قال: (الظبي أشد سعيًا من الكلب، ولكنه إذا أحس به التفت إليه فيضعف سعيه، فيدركه الكلب فيأخذه)، فلا تكثر الالتفات، #وامض في سبيك.
Sungguh aku telah mendapat manfaat yang sangat besar dari sebuah nasehat yang pernah aku dengar dari guruku, al-Muhaddits Abul Hasan Mushthafa as-Sulaimani -hafizhahullah - lebih dari lima belas tahun lalu, beliau mengutipnya dari Al-Allamah Ibn al-Qayyim -rahimahullah- beliau berkata: "Kijang sebenarnya dapat berlari jauh lebih cepat dari pada anjing. Namun, saat kijang merasa dikejar oleh anjing, justru dia menoleh. Inilah yang membuatnya larinya lemah. Hingga akhirnya terkekar oleh anjing dan dimangsa olehnya". Oleh karena itu, jangan banyal menoleh dan #teruslah_berlari_menyusuri_jalanmu!

#Syekh Dr. Labib Najib ( د. لبيب نجيب ) al-'Adny