Selasa, 30 Juli 2019

Wasiat alim Rabbani Al imam muqbil Al wadi'iy

#WASIAT_ALIM_RABBANI
#AL_IMAM_MUQBIL_AL_WAADI'IY

Berkata As Syaikh Al 'Allamah Muqbil bin Hadi Al Wadi'iy rahimahullah :

لَا تُشغِلْ نَفسَكَ بِالتَّعصُّبِ لِفُلَانٍ وَلَا التَّعصُّبِ لِفلَانٍ؛ بَل أَقْبِلْ عَلَى طَلَبِ العِلْمِ

"Janganlah engkau sibukkan dirimu dengan fanatik kepada fulan atau fulan. Tapi sibukkanlah untuk belajar menuntut ilmu". (Gharatul asyrithah 1/73).

Bagaimana kalau seandainya beliau rahimahullah mendapati "sebagian salafiyin" yang sibuk dengan fanatik kepada 2 atau bahkan hanya 1 Syaikh saja?! dan selain 3 syaikh tersebut menyimpang manhajnya!
dan sangat disayangkan "sebagian" mengaku sebagai murid dan pecinta beliau, tapi tidak mendengarkan wasiat dan nasehat beliau !
Semoga Allah merahmati Syaikhu masyayikhina,.

Berkata As Syaikh Muqbil bin Hadi Al Wadi'iy rahimahullah :

فَنَحْنُ فِي زَمَن فِتَنِ يجِبُ أَن نَتَفقَّهُ فِي دِينِ اللّه حَتَّى نَبتَعِد عَنِ الفتَنِ عَلى بَصِيرةٍ

"Kita sekarang ini berada di zaman fitnah, maka wajib bagi kita untuk memperdalam pengetahuan tentang agama Allah, sehingga kita bisa menjauhkan diri dari berbagai fitnah diatas ilmu". (Qam'ul Mu'aanid, hal. 61).

Wasiat As Syaikh Al 'Allamah Shalih Al Fauzan hafidzahullah :

استَفِدْ مِن العُلمَاءِ وَإِن كُنْتَ عَالِمًا، رُبَّما يَكُون عِندَهُم عِلْمٌ لَيسَ عِندَك فأنْتَ بِحاجَةٍ إلَى التَّزَوُّد مِن العِلْم، فَكَيفَ إِذا كُنَّا جُهّالًا ولَيسَ عِندَنَا شَيءٌ مِن العِلْمِ ونَعجَب بِأنفُسِنَا وَلا نَتعَلَّم، فَالأمْرُ خَطِيرٌ جِدًّا

"Ambillah faidah dari para ulama, meskipun engkau seorang alim. bisa jadi mereka punya ilmu yang engkau belum memilikinya, sedangkan engkau (terus) membutuhkan tambahan ilmu. terlebih jika kita masih bodoh dan tidak memiliki ilmu sedikitpun, (berani) berbangga diri dan tidak mau belajar?! ini perkara yang sangat berbahaya". (Masaail 'ilmiyah wa fataawa syar'iyyah hal. 59).

📝WaAllahu A'lam
Solo/24/07/19

Ustadz Alif El qibty hafidzahullah