Rabu, 31 Juli 2019

Kisah Ahmad bin Hambal

Assalamualaikum akhi bagaimana kabarnya hari ini ?

*إذا ما قال لي ربي اما استحييت تعصيني*

Jika Rabb-ku berkata kepadaku, “Apakah engkau tidak malu bermaksiat kepada-Ku?”

*وتخفي الذنب عن خلقي وبالعصيان تأتيني*

Engkau menutupi dosamu dari makhluk-Ku tapi dengan kemaksiatan engkau mendatangi-Ku

*فكيف أجيبُ يا ويحي ومن ذا سوف يحميني؟*

Maka bagaimana aku akan menjawabnya? Aduhai, celakalah aku dan siapa yang mampu melindungiku?

*أُسلي النفس بالآمالِ من حينٍ الى حيني*

Aku terus menghibur jiwaku dengan angan-angan dari waktu ke waktu

*وأنسى ما وراءَ الموت ماذا بعد تكفيني*

Dan aku lalai terhadap apa yang akan datang setelah kematian dan apa yang akan datang setelah aku dikafani

*كأني قد ضمنتُ العيش ليس الموت يأتيني*

Seolah-olah aku akan hidup selamanya dan kematian tidak akan menghampiriku

*وجائت سكرة الموتُ الشديدة من سيحميني*

Dan ketika sakaratul maut yang sangat berat datang menghampiriku, siapakah yang mampu melindungiku?

*نظرتُ الى الوُجوهِ أليـس منهُم من سيفدينـــي*

Aku melihat wajah-wajah manusia, tidakkah ada di antara mereka yang akan menebusku?

*سأسأل ما الذي قدمت في دنياي ينجيني*

Aku akan ditanya tentang apa yang telah aku persiapkan untuk dapat menyelamatkanku (di hari pembalasan)

*فكيف إجابتي من بعد ما فرطت في ديني*

Maka bagaimanakah aku dapat menjawabnya setelah aku melupakan agamaku

*ويا ويحي ألــــم أسمع كلام الله يدعوني*

Aduhai sungguh celakalah aku, tidakkah aku mendengar firman Allah yang menyeruku?

*ألــــم أسمع لما قد جاء في قاف ويسِ*

Tidakkah aku mendengar apa yang datang kepadaku (dalam surat) Qaaf dan Yasin itu?

*ألـــم أسمع بيوم الحشر يوم الجمع و الديني*

Tidakkah aku mendengar tentang hari kebangkitan, hari dikumpulkannya (manusia), dan hari pembalasan?

*ألـــم أسمع مُنادي الموت يدعوني يناديني*

Tidakkah aku mendengar panggilan kematian yang selalu menyeruku, memanggilku?

*فيا ربــــاه عبدٌ تــائبٌ من ذا سيأويني*

Maka wahai Rabb-ku, akulah hambamu yang ingin bertaubat, siapakah yang dapat melindungiku?

*سوى رب غفور واسعٍ للحقِ يهديني*

Melainkan Rabb yang Maha Pengampun lagi Maha Luas Karunianya, Dialah yang memberikan hidayah kepadaku

*أتيتُ إليكَ فارحمني وثقــّـل في موازيني*

Aku datang kepada-Mu, maka rahmatilah diriku dan beratkanlah timbangan (kebaikanku)

*وخفِّف في جزائي أنتَ أرجـى من يجازيني*

Ringankanlah hukumanku, sesungguhnya hanya Engkaulah yang kuharapkan pahalanya untukku

"Al-Imam Ahmad terus melihat bait-bait sya’ir tersebut dan mengulang-ulangnya kemudian beliau menangis tersedu-sedu. Salah seorang muridnya mengatakan bahwa beliau hampir pingsan karena begitu banyaknya menangis."

Sumber dari Kitab Manaqib Al-Imam Ahmad hal. 205 oleh Al-Imam Ibnul Jauzy.