Jumat, 26 Juli 2019

Bersyukur ketika ditimpa musibah

BERSYUKUR KETIKA DITIMPA MUSIBAH
-----------------------------
-----------------------------

✍️قال شريح القاضي رحمه الله:

‏"إني لأصاب بالمصيبة، فأحمد الله عليها أربع مرات:

1️~ أحمدُ إذ لم يكن أعظم منها.
2️~ وأحمد إذ رزقني الصبر عليها.
3️~ وأحمد إذ وفقني للاسترجاع لما أرجو من الثواب.
4️~وأحمد إذ لم يجعلها في ديني".

[«‏السير» (١٠٥/٤)]

✍️Berkata Syuraih Al-Qadhi  رَحِمَهُ اللّٰهُ :

Sungguh aku pernah ditimpa sebuah musibah, maka aku pun memuji Allah atas musibah tersebut sebanyak empat kali:

~Aku memuji-Nya karena musibah tersebut tidak lebih besar dari itu.

~ Aku memuji-Nya ketika aku diberi rezeki berupaya kesabaran atas musibah tersebut.

~ Aku memuji-Nya ketika aku diberi hidayah untuk mengucapkan istirja(*) karena mengharapkan pahala.

~ Dan aku memuji-Nya ketika tidak menjadikan musibah tersebut adalah musibah dalam agamaku.
______________
(*) Istirja ialah mengucapkan:
إنا لله وإنا إليه راجعون

{As-Siyar (4/105)}
-----------------------------

Ustadz abu hamnah