Selasa, 30 Juli 2019

Kisah penjual yg berbeda karakter karena istri

#Wanita_Tangguh

💎 Hasan Al-Bashriy (Rahimahulloh) berkata : Suatu waktu aku pernah bertandang ke toko pakaian disalah satu sudut kota Makkah, Ingin membeli sebuah baju mulailah si pedagang memuji-muji barangnya dan bersumpah, akupun meninggalkannya, ku katakan ;

“tidak pantas membeli barang kepada orang seperti ini.” Dan aku membeli dari pedagang yg lain.

Dan dua tahun kemudian aku berhaji dan pergi ke tempat orang itu dan kali ini aku tidak lagi mendapati dia memuji-muji pakaiannya dan tidak suka bersumpah, Akupun bertanya kepadanya :
Bukankah anda dahulu yg saya temui berjualan disini? Dia jawab : iya benar !!
Aku katakan : apa yg membawamu kepada perubahan yg aku saksikan sekarang? Aku tidak melihatmu memuji dan bersumpah lagi?!

Dia bercerita : “Dulu aku memiliki seorang istri yg kalau aku datang membawa sedikit rizki dia cela dan remehkan, kalau aku bawakan dia banyak dia malah anggap sedikit dan kurang, Allah Ta'ala melihatku (keadaanku) dan memanggil istriku tersebut (mewafatkannya),!

Lalu aku menikahi wanita lain yg memiliki agama dan akhlak yg baik, jika aku hendak pergi memenuhi kewajiban harianku ke pasar ia tarik bajuku lalu memesankan kepadaku :

يَا فُلانُ ، اتَّقِ اللَّهَ ، وَلا تُطْعِمْنَا إِلا طَيِّبًا ، إِنْ جِئْتَنَا بِقَلِيلٍ كَثَّرْنَاهُ ، وَإِنْ لَمْ تَأْتِنَا بِشَيْءٍ أَعَنَّاكَ بِمِغْزَلِنَا ! ".

Wahai FULAN ... Takutlah kepada Allah, Berikanlah kami dari makanan yg baik baik saja, kalau engkau datang membawa rizki yg sedikit kami akan buat dia banyak (akan dicukupkan penggunaannya) kalaupun engkau tidak membawa pulang apapun kami akan membantumu mencari rizki dengan alat pintalan kami ini (mesin jahit) !!

══════════════════
📚 Al-Mujalasah Karya Addinawāriy no Atsar (2166) dengan sanad Beliau (Rahimahulloh).