Sabtu, 27 Juli 2019

Mimbar Jumat kutipan khutbah Jum'at di Masjidil haram

📜 MIMBAR JUM'AT
(Kutipan Khutbah Jum'at di Masjidil Haram)

16 Dzul Qa'dah 1440/19 Juli 2019

🎙 Fadhilatusy Syaikh Dr. Suud asy-Syuraim, hafizhahullah

1- Sesungguhnya tujuan terbesar dari tujuan-tujuan haji adalah perealisasian Tauhid kepada Allah semata tanpa selain-Nya. Keberagaman bahasa, warna, dan orientasi yang memasuki ranah ibadah haji merupakan syiar untuk menghadap kepada Rabb Yang Satu, tiada sekutu bagi-Nya.

2- Orang-orang yang menunaikan haji tidaklah berterus-terusan menyebut-nyebut ibadah dan dzikir yang lebih mulia daripada Talbiyah yang ia berisi Tauhid,  _"Labbaikallahumma labbaik.. labbaika laa syariika laka labbaik.. innal hamda wan ni'mata.. laka wal mulk.. laa syariika lak"_

3- Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam pernah ditanya, "Haji apakah yang paling utama?" beliau menjawab, "al-' Ajj dan ats-Tsajj". Ahli Ilmu menerangkan: al-'Ajj ialah perihal melaungkan suara dengan Talbiyah, sementara ats-Tsajj adalah menumpahkan darah sesembelihan.

4-  Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda, "Tidaklah ada seorang muslim yang bertalbiyah kecuali akan bertalbiyah pula apa saja yang ada di sebelah kanan dan kirinya berupa bebatuan, pepohonan dan tanah. Sampai-sampai bumi terpecah-pecah dari arah sini dan sana."

5- Hendaklah kamu menyertai dan berpegang dengan jamaahnya kaum muslimin. Sesungguhnya tangan Allah itu bersama al-Jama'ah. Barangsiapa yang mangkir dari mereka maka sungguh ia telah mangkir menuju neraka. Allah Ta'ala berfirman, "Dan barangsiapa yang menentang Rasul setelah terjelaskan petunjuk baginya, lalu ia mengikuti selain jalannya kaum mukminin; maka niscaya Kami palingkan ia ke arah mana ia berpaling dan Kami seret ia ke Jahannam, ia adalah sejelek-jelek tempat kembali."

6- Wahai Para Pelaksana Haji di Baitullah al-Haram! Ingatlah Allah dan jalankanlah karena Allah di dalam penegakan hak menempati Baitullah al-Haram berupa adab, kelemah lembutan, bersikap tenang, dan khusyu'. Sesungguhnya kalian sedang berada di rumah haram, negeri haram, dan bulan haram.

@spagov

PPMI MADINAH
Solid • Aktif • Dedikatif