Rabu, 24 Juli 2019

Kitab tuhfatul Athfal Syaikh Sulaiman Al jamzuri rahimahullah

::Mengapa? ::

Tuhfatul Athfal merupakan sebuah karya indah yang disusun oleh seorang ulama qiroat bernama Syaikh Sulaiman Al Jamzuri rohimahumalloh ta'ala. Beliau juga dikenal dengan julukan "Afandi" lantaran keilmuannya.

Ulama asal Mesir ini juga dikenal dengan sifat tawadhu', salah satu contohnya ialah sebab dibalik pemilihan nama dari matan tuhfatul athfal ini. Dalam kitab beliau yang bernama Fathul Aqfal, beliau menyebutkan alasan penamaan tersebut lantaran matan ini ditujukan untuk pemula dalam ilmu tajwid. Dan dalam kitab tersebut beliau menyebutkan :
"Matan ini ditujukan untuk para pemula seperti saya"

Ya, beliau sebutkan kalimat "seperti saya", padahal beliau adalah seorang ulama besar dalam bidang ilmu tajwid dan qiroat.

Meskipun memiliki keilmuan yang tinggi, beliau juga tak segan untuk mengajar anak-anak kecil membaca Al-Quran. Diantara murid beliau adalah 2 putra guru beliau Syaikh Mujahid Al Ahmadi.

Kisah hidup ulama satu ini mengingatkan kami kepada obrolan yang pernah terjadi pada suatu hari.

"Akhi, antum mau tetap di fakultas Al Quran?"
"Kenapa memangnya?"
"Ya nanti dah capek2 ngafalin syatibiyah dan mutun2 yg lain tapi paling2 nanti ujung2nya ngajar TPQ, ya jadinya gmna gitu"
*Hanya tersenyum*

Satu pertanyaan yg mungkin perlu kita renungkan : "Bukankah mengajar tpq juga termasuk mengajarkan Al-Quran?" Dimana Rasulullah shollallohu 'alaihi wasallam pernah bersabda :
"Sebaik-baik kalian adalah yang mempelajari Al-Quran dan mengajarkannya"

Semoga Allah subahanahu wata'ala meneguhkan hati kita dalam mempelajari kitab-Nya. amiin...

Ustadz Afit iqwanudin