Rabu, 11 Oktober 2023

Petikan butiran-butiran nasehat dari Syaikh Prof. DR. Sulaiman Ar Ruhaili حفظه الله sebelum memulai syarah kitab [I'tiqad Ahlis Sunnah, karya Abu Bakar Al Ismaili]

#NASEHAT_MAHAL

Petikan butiran-butiran nasehat dari Syaikh Prof. DR. Sulaiman Ar Ruhaili حفظه الله sebelum memulai syarah kitab [I'tiqad Ahlis Sunnah, karya Abu Bakar Al Ismaili] kemaren sore :

١ـ طالب العلم -الذي يسر الله له- أن يعتصم بحبل الله، ينبغي عليه أن يكون للحق حبلا يجمع ولا سيفا يقطع. 
"Penuntut ilmu -semoga Allah mudahkan baginya- untuk senantiasa berpegang teguh dengan tali Allah; seyogyanya penuntut ilmu dalam kebaikan menjadi tali yang menyatukan dan bukan pedang yang memutuskan".

٢ـ ينبغي على أهل السنة والجماعة أن يعظم اعتنائهم بالعلم النافع، تعلما وتعليما ونشرا وبثا، مع اهتمام بدعوة الغير إلى الخير.
"Seharusnya bagi Ahlis Sunnah wal Jama'ah untuk memiliki perhatian yang besar terhadap ilmu yang bermanfaat; -mempelajarinya, mengajarkan, dan menyebarkan- dengan semangat menyeru orang lain kepada kebaikan.

٣ـ أن نحرص على العلم النافع، وأن نبقى نتعلم ما بقي الروح في الجسد، مع الحرص على الأدب والعمل به. 
"Hendaknya kita terus bersemangat meraih ilmu yang bermanfaat, dan tetap belajar selama ruh kita menyatu dengan jasad; dengan semangat menjaga adab ilmu dan mengamalkannya".

٤ـ ينبغي لطالب العلم أن يعتني بدراسة العقيدة مهما تخصصه، في الفقه واللغة والحديث والتفسير، وأن يكرر ذلك وألا يمل من دراستها ولا تدريسها. 
"Seyogyanya penuntut ilmu memiliki perhatian besar untuk mempelajari aqidah apapun disiplin ilmu yang ia geluti -baik ilmu fiqih, bahasa, hadits dan tafsir-; terus berulang-ulang tidak bosan dalam mempelajari aqidah dan mengajarkannya". 
✒-----------------
جزى الله خيرا فضيلة الشيخ أ.د. سليمان الرحيلي وبارك في علمه.
Ustadz muhammad alif