Rabu, 25 Oktober 2023

Dua kelompok kurang cermat memahami Fatwa syaikh Al-Albani.

Dua kelompok kurang cermat memahami Fatwa syaikh Al-Albani.

kelompok 1, mencela syaikh Al-Albani karena beliau dianggap berfatwa agar kaum muslimin berhijrah meninggalkan/mengosongkam P4lestina.

kelompok 2, mencela kelompok pertama dan menyerukan agar kaum muslimin keluar dan mengosongkan tanah Palestina dg dalil fatwanya syaikh Al-Albani.

Dua²nya kurang tepat dalam memahami fatwa syaikh Al-Albani, Yang ada adalah syaikh Al-Albani ditanya bagaimana hukumnya orang yang berada di tepi barat (west bank/dhiffah ghorbiyah), yaitu sebuah wilayah di Palestina yang pada waktu itu menjadi objek kebrutalan Z1on1s dan kaum muslimin tidak bisa menegakkan agamanya, agar mereka berhijrah ke wilayah yang kedua, wilayah yang lain di dalam Palestina….Karena Palestina pada waktu itu masih ada wilayah² lain selain tepi barat.

Redaksi asli :

يقول الدكتور محمد شقرة: فلقد سُئل الشيخ – حفظه الله – عن بعض أهل المدن التي احتلها اليهود عام 1948م، وضربوا عليها صبغة الحكم اليهودي بالكلية، حتى صار أهلها فيها إلى حال من الغربة المرملة في دينهم، وأضحوا فيها عبدة أذلاء؟ 

فقال: هل في قرى فلسطين أو في مدنها قرية أو مدينة يستطيع هؤلاء أن يجدوا فيها دينهم، ويتخذوها داراً يدرءون فيها الفتنة عنهم؟ فإن كان؛ فعليهم أن يهاجروا إليها، ولا يخرجوا من أرض فلسطين، إذ إن هجرتهم من داخلها إلى داخلها أمر مقدور عليه، ومحقق الغاية من الهـجرة

http://www.kulalsalafiyeen.com/vb/showthread.php?t=60147.

Setiap fatwa ada kondisi yang menyelimutinya. beberapa waktu lalu ada yang menulis lebih baik warga Gaza pergi meninggalkan masjid al-Aqsha hijrah ke tempat lain. Karena dahulu nabi berhijrah meninggalkan Makkah, padahal Makkah lebih mulia dari pada al-Quds.

Pertama: G4za bukan wilayah yang ada masjid al-Aqshanya. al-Aqsha ada di Yerusalem. beda otoritas dan penguasaan.

Kedua: menyuruh penduduk G4za keluar berhijrah, mau hijrah kemana???? semua diblokade oleh y4hudi, dan yang kedua negara mana yang mau menampung? itu dulu harus dijawab sebelum memberi solusi hijrah keluar P4lestina.

Semoga Allah menolong saudara² kita di bumi Syam dan belahan² bumi lainnya.

pic. jawaban syaikh Ali tentang Fatwa syaikh al-Albani.
Ustadz Dr fadlan fahamsyah