Sabtu, 28 Oktober 2023

KEMENANGAN HANYA IMPIAN

 

KEMENANGAN HANYA IMPIAN
Ketika terjadi perang Uhud, awalnya kaum muslimin bisa memukul mundur musuh, namun seketika itu pula, kembali musuh bisa membuat kaum muslimin kocar kacir, membunuh sekitar 70 sahabat terbaik dan Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam terluka parah.
Apakah kekalahan ini akibat aqidah tauhid mereka rusak? Bukan sama sekali, tetapi akibat satu kesalahan, pasukan pemanah tidak mentaati perintah Rasulullah untuk tetap bertahan di atas gunung.
Allah Ta'ala berfirman,
وَلَقَدْ صَدَقَكُمُ ٱللَّهُ وَعْدَهُۥٓ إِذْ تَحُسُّونَهُم بِإِذْنِهِۦ ۖ حَتَّىٰٓ إِذَا فَشِلْتُمْ وَتَنَٰزَعْتُمْ فِى ٱلْأَمْرِ وَعَصَيْتُم مِّنۢ بَعْدِ مَآ أَرَىٰكُم مَّا تُحِبُّونَ ۚ مِنكُم مَّن يُرِيدُ ٱلدُّنْيَا وَمِنكُم مَّن يُرِيدُ ٱلْءَاخِرَةَ ۚ ثُمَّ صَرَفَكُمْ عَنْهُمْ لِيَبْتَلِيَكُمْ ۖ وَلَقَدْ عَفَا عَنكُمْ ۗ وَٱللَّهُ ذُو فَضْلٍ عَلَى ٱلْمُؤْمِنِينَ.
Dan sesungguhnya Allah telah memenuhi janji-Nya kepada kamu, ketika kamu membunuh mereka dengan izin-Nya sampai pada saat kamu lemah dan berselisih dalam urusan itu dan mendurhakai perintah (Rasul) sesudah Allah memperlihatkan kepadamu apa yang kamu sukai. Di antaramu ada orang yang menghendaki dunia dan diantara kamu ada orang yang menghendaki akhirat. Kemudian Allah memalingkan kamu dari mereka untuk menguji kamu, dan sesunguhnya Allah telah memaafkan kamu. Dan Allah mempunyai karunia (yang dilimpahkan) atas orang orang yang beriman. (Surat Ali ‘Imran Ayat 152).
Disebutkan dalam Tafsir al Muyassar,
Dan sungguh Allah telah membuktikan bagi kalian apa yang telah Dia janjikan bagi kalian berupa kemenangan,ketika kalian berhasil membunuh orang-orang kafir di Perang Uhud dengan izin Allah ta’ala,sampai akhirnya kalian menjadi pengecut dan semangat mengendur untuk mengarungi laga peperangan dan kalian berselisih pandangan, apakah bertahan pada posisi-posisi kalian atau meninggalkannya untuk ikut mengumpulkan harta rampasan perang bersama dengan orang-orang yang mengumpulkannya? Dan kalian melanggar perintah Rosul kalian tatkala memerintahkan kalian untuk tidak meninggalkan tempat-tempat kalian dalam keadaan apapun, maka menimpalah kepada kalian kekalahan setelah sebelumnya Allah memperlihatkan kepada kalian apa yang kalian senangi,yaitu kemenangan. Dan menjadi jelas bahwa di antara kalian sesungguhnya ada orang yang menginginkan harta rampasan dan sesungguhnya ada juga yang menghendaki akhirat dan pahala nya. Kemudian Allah memalingkan wajah-wajah kalian dari musuh kalian untuk menguji kalian. Dan sesungghnya Allah mengetahui penyesalan dan taubat kalian,lalu Dia memaafkan kalian. Dan Allah itu mempunyai karunia besar bagi kaum Mukminin. (Tafsir Al Muyassar).
Nah bagaimana lagi dengan sebagian kaum muslimin sekarang, bukan hanya satu kesalahan, tetapi seabrek dosa dan maksiat, ditambah lagi aqidah tauhid mereka, yang jauh dibandingkan dengan para sahabat, sehingga wajar, kemenangan melawan musuh-musuh Allah hanya sekedar hanya impian belaka.
Berkata Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin rahimahullah ,
وقد حصلت هزيمة المسلمين لمعصية واحدة ونحن الآن نريد الانتصار والمعاصي كثيرة عندنا!
"Dan sungguh telah terjadi kekalahan yang menimpa umat Islam disebabkan oleh satu kemaksiatan (dalam perang Uhud).
Kemudian sekarang kita mencita-citakan KEMENANGAN sementara KEMAKSIATAN banyak terjadi di tengah-tengah kita?!" (Al-Qoulul Mufid fi Syarhi Kitab at-Tauhid 1/289).
Berkata Ibnu Taimiyyah rahimahullah :
فلما ظهر النفاق والبدع والفجور، المخالف لدين الرسول؛ سُلِّطت عليهم الأعداء
Maka tatkala kenifakan, kebid'ahan dan kemaksiatan telah tampak (secara terang-terangan), yang menyelisihi agama Rasul, pasti mereka DIKUASAI musuh-musuh. Majmu' Fatawa 13/178. Lihat lengkapnya baca disini http://iswy.co/e13kcf
AFM
Copas dari berbagai sumber