Kamis, 05 Oktober 2023

Jangan grusa grusu, Menghilangkan kemungkaran itu ada tingkatannya

Jangan grusa grusu, Menghilangkan kemungkaran itu ada tingkatannya

 أن يزول ويخلفه ضده.
Jika yang dia lakukan itu bisa menghilangkan kemungkaran tersebut dan memunculkan kebaikan. Yang seperti ini fadhol, silahkan hilangkan. 

الثانية: أن يقل وإن لم يزل بجملته.
Atau sikap yang dia lakukan mampu mengurangi kemungkaran yang ada. Meskipun tidak semuanya paling tidak hilang sebagiannya. Yang seperti juga fadhol.. 

الثالثة: أن يخلفه ما هو مثله.
Sikap yang dia lakukan, justru mendatangkan kemungkaran yang semisal. Kalau begini, baiknya jangan diterusin. karena kemungkarannya hanya berganti nama saja. 

الرابعة: أن يخلفه ما هو شر منه.
Ini yang parah, sikapmu dalam menghilangkan kemungkaran, justru malah mendatangkan mudhorot yang besar. Mendatangkan kemungkaran yang lebih besar. Yang ini mbok ya jangan dilakukan dengan alasan nahi munkar. 

Ada kisah seseorang menghancurkan kuburan yang dibangun dengan alasan agar tidak dikeramatkan. Tapi karena perbuatan dia itu justru membuat ketua setempat membangun kuburan itu lebih besar lagi. Dia bersyukur karena tidak perlu susah payah untuk membongkarnya. Sehingga rencana pembangunan bisa langsung di eksekusi. Ini kan justru malah memunculkan kemungkaran yang lebih besar. 

Semangat boleh, tapi harus pake ilmu

å Zakariya Rizky Abu Zakiyyah