Minggu, 29 Oktober 2023

Persyarikatan Muhamadiyah, Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab dan Dakwah Salafiyah

 



Persyarikatan Muhamadiyah, Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab dan Dakwah Salafiyah
-------------
Syaikh KH. Najih Ahjat rahimahullah seorang Kyai Jawa Asli, Pengasuh Pondok pesantren Maskumambang Gresik, Beliau berkata dengan bahasa Arab Tentang Muhammadiyah, syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab dan dakwah salafiyah:
ظهرت في جاوا جمعية (( محمدية)) سنة ١٩١٢ م في مدينة جوكياكرتا عاصمة إندونيسيا السابقة، وجمعية ((الإصلاح والإرشاد)) سنة ١٩١٤م في جاكرتا العاصمة الحالية وظهرت في باندونج عاصمة منطقة جاوا الغربية التي كانت مقرا للمؤتمر الآسيوي الأفريقي الأول جمعية ((الوحدة الإسلامية)) سنة ١٩٢٣م
ومن غرائب الصدفة أن كبرى الجمعيات التي ظهرت في إندونيسيا على أساس الدعوة الإصلاحية والحركة السلفية قد اتخذت لنفسها اسما هو عندي نسبة صحيحة للشيخ محمد بن عبد الوهاب وهي جمعية محمدية ولا أدري أكانت هذه النسبة من ومجرد المصادفة أم أنها داخلة تحت الحسبان.
ظهرت هذه الجمعية على يد مؤسسها الشيخ أحمد دحلان وعلى يد تلاميذه المتحمسين وأتباعه المخلصين..
وبعد رجوعه في المرة الأخيرة سنة ١٩٠٢م وبعد ما أقام في جوار بيت الله الحرام مدة من الزمان، اتصل فيها بعلماء الدعوة وعرف حقيقتها ومبادئها وسمع منهم ما حصل لها من القضاء على كثير من المفاسد وإعادة الناس إلى دينهم الصحيح، وبعد مطالبته لكثير من آراء علماء الإصلاح أمثال الشيخ ابن تيمية وتلميذه الشيخ ابن قيم الجوزية والشيخ محمد عبده وتلميذه محمد رشيد رضا وغيرهم اشتد عزمه على بث هذه الدعوة الإصلاحية وبدأ الحركة السلفية
Pada tahun 1912 M, Telah berdiri di tanah Jawa persyarikatan Muhammadiyah di kota Yogyakarta, Ibu kota lama Indonesia, berdiri pula perkumpulan al-Ishlah wa al-Irsyad pada tahun 1914 M di Jakarta, dan berdiri perkumpulan PERSIS pada tahun 1933 di kota Bandung tempat diadakannya KTT ASIA-AFRIKA pertama.
Termasuk kecocokan yang mengherankan, nama persyarikatan terbesar di Indonesia ini (Muhammadiyah) yang muncul atas dasar dakwah pembaharuan dan pergerakan salafiyah, telah diberi nama dengan nama yang menurutku merupakan nisbat yang benar kepada syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab yaitu MUHAMMADIYAH, aku tidak tau apakah ini karena kebetulan saja ataukah karena memang udah diperhitungkan (direncanakan)
Persyerikatan ini didirikan oleh Syaikh KH. Ahmad Dachlan beserta muridnya yang semangat dan para pengikutnya yang loyal dan setia kepadanya.
Setelah pulangnya syaikh KH. Ahmad Dachlan dari Negeri Mekkah pada tahun 1902 dan setelah beliau bermukim di sisi Baitullah selama beberapa waktu, beliau banyak berkomunikasi dgn ulama2 dakwah (murid-murid atau para pengikut dan penerus syaikh Muhammad bin Abdul wahhab di tanah Hijaz), beliau telah mengetahui hakekat dakwahnya, dasar-dasarnya dan beliau juga mendengar dari mereka apa yang mereka lakukan untuk menghilangkan kerusakan-kerusakan dan mengembalikan manusia kepada (orisinalitas) Islam yang shahih.
Dan Setelah KH Ahmad Dachlan mentelaah pendangan-pandangan ulama pembaharuan seperti syaikhul Islam Ibnu Taimiyah dan muridnya Ibnu Qoyyim al-Jawziyyah, Muhammad Abduh dan muridnya Muhammad Rasyid Ridho dan para ulama semisalnya, maka semakin kuat azam beliau untuk menyebarkan dakwah pembaharuan ishlahiyyah dan gerakan salafiyah.
Dikutip dan diterjemahkan dari Ta'atsuraat addakwah al-ishlaahiyah fi Indunisia bi da'watis syaikh Muhammad bin Abdil Wahhab di tulis KH Najih Ahjat Allahu yarhamhu (Pengasuh ponpes Maskumambang Gresik). Dari kitab: buhust Usbu' As-syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab ( Riyadh: Jami'atul Imam, 1983) vol. 2, hal. 398-399