Rabu, 16 Desember 2020

Syaikh Hazim Hamdiy, seorang terapis ruqyah asal Mesir, berkata di akun facebooknya

Syaikh Hazim Hamdiy, seorang terapis ruqyah asal Mesir, berkata di akun facebooknya:

"Selama berkecimpung dalam waktu yang begitu panjang di dunia ruqyah dan pengobatan, aku tak menemukan sesuatu yang paling manjur dan bermanfaat dalam terapi 'ain, hasad dan sihir dibanding bacaan al-Muawwidzat (al-Ikhlas, al-Falaq dan an-Nash) yang kontinyu dan berulang-ulang. Hal ini karena kandungannya yang mampu menghancurkan kekuatan 'ain, melenyapkan pengaruh jiwa-jiwa yang penuh dengki, membatalkan sihir dan menguatkan jasad dan ruh.

Aku pun membaca perkataan Ibnu al-Baththal:

((Al-Muawwizat mengandung kumpulan doa-doa dan penghancur segala apa yang dibenci yaitu berupa sihir, hasad, keburukan dan was-was syaithan, dan lainnya. Karena itulah Nabi shallallahu alaihi wasallam mencukupi diri dengan surat-surat tsb)).

Aku pula membaca penjelasan Ibnul Qayyim:

((Maksud pembicaraan tentang dua surat ini, keagungan manfaatnya, dan kebutuhan yang mendesak terhadapnya bhw seseorang cukuplah dengan kedua surat tsb. Dan keduanya memiliki pengaruh khusus dalam menolak sihir, 'ain dan segala keburukan. Kebutuhan hamba terhadap perlindungan dgn wasilah dua surat ini lebih besar dan agung ketimbang kebutuhannya terhadap jiwa, makanan, minuman dan pakaian.))"[]
______
Tambahan kami, kekuatan surat-surat yang disebutkan di atas akan semakin memberi pengaruh dengan beberapa faktor:

1. Pengaruh niat. Ini yang ditekankan para ulama ketika meruqyah. Bacaan yang kita lafadzkan terniatkan untuk meruqyah, bukan sekedar tilawah. Ibaratnya, ada orang yang memainkan pedangnya. Pedang akan lebih terhunus ketika seseorang meniatkan bertarung, dan beda ketika pedang itu dimainkan dengan niat latihan. Ini penting adanya.

2. Mempelajari tafsir surat yang dimaksud sehingga rekan² memiliki gambaran utuh tentang kandungan surat, tidak hanya mengetahui fadhilah/keutamaannya. Karena itu ruqyah yang dilakukan orang berilmu/memahami tafsir ayat/surat yang dibaca akan berbeda efeknya dengan mereka yang belum mengilmui kandungan surat. Belum lagi pemahaman terhadap tafsirnya akan semakin menambah kualitas keyakinan peruqyah terhadap kekuatan surat/ayat. 

3. Dan faktor lainnya. Wallahu a'lam.
____
Yani Fahriansyah