Jumat, 18 Desember 2020

Kota Dzamar, kini menjadi ibukota Provinsi Dzamar, merupakan kota tetdingin di Yaman. Karenanya mendapat julukan Tsallajatul Yaman atau Kulkasnya Yaman, Kata Dzamar sendiri berasal dari nama salah satu raja pada kerajaan Saba', yakni Dzamar Ali Yahbir II. Konon, dialah yang merestorasi bendungan Ma'rib.

Kota Dzamar, kini menjadi ibukota Provinsi Dzamar, merupakan kota tetdingin di Yaman. Karenanya mendapat julukan Tsallajatul Yaman atau Kulkasnya Yaman.

Meskipun tidak sampai turun salju, pada puncak musim dingin terkadang dapat antum jumpai embun yang membeku di rerumputan. Tak jarang di beberapa wilayah juga turun hujan al-barad (hujan es batu) dengan intensitas tinggi, sedang dan ringan selama 5 hingga 10 menit.

Kata Syaikh Utsman hafizhahullah, puncak musim dingin biasanya berlangsung selama 1 hingga 1,5 bulan. Dari akhir Desember-Januari. Kata beliau, kalau kita menaruh segelas air di luar rumah di malam hari, di pagi harinya sudah membeku menjadi es.

Kota Dzamar terletak pada ketinggian 2.400-2.500 mdpl, menjadikannya dingin serasa di puncak gunung. Kata Dzamar sendiri berasal dari nama salah satu raja pada kerajaan Saba', yakni Dzamar Ali Yahbir II. Konon, dialah yang merestorasi bendungan Ma'rib.

Kota Dzamar terletak 100 km selatan Sana'a. Dari kota Dzamar ke Sana'a dapat kita tempuh selama ± 3 jam menggunakan angkutan umum dengan tarif 2.500 YR.
Ust abu razin taufiq darul hadist dzammar Yaman