Jumat, 18 Desember 2020

PERJUANGAN SYAIKH ALI HASAN AL-HALABI DALAM MENJELASKAN DAN MEMBELA MANHAJ SALAFI DALAM MENYIKAPI PENYIMPANGAN AHLU BID'AH DAN KETERGELINCIRAN AHLUSSUNNAH ::.

.:: PERJUANGAN SYAIKH ALI HASAN AL-HALABI DALAM MENJELASKAN DAN MEMBELA MANHAJ SALAFI DALAM MENYIKAPI PENYIMPANGAN AHLU BID'AH DAN KETERGELINCIRAN AHLUSSUNNAH ::.

Perjuangan (juhud) Al-Allamah Syaikh Ali Hasan al-Halabi رحمه الله  dalam menyebarkan dan menjelaskan Manhaj Salaf di barat dan timur bumi ini sudah sangat ma'ruf, tidaklah beliau menginjakkan kedua kakinya di suatu tempat melainkan beliau menjelaskan manhaj salaf yang diberkahi.

Diantara upaya beliau dalam menjelaskan dan membela manhaj salaf adalah menjelaskan: MANHAJ DALAM MENYIKAPI PENYIMPANGAN AHLU BID'AH & KETERGELINCIRAN AHLUSSUNNAH. 

Dalam bab ini nampak besar perhatian beliau terhadapnya, hingga sebagian muridnya beranggapan hanya itu kesibukannya, dan anggapan itu telah dijawab dengan memuaskan oleh Syaikh Ali رحمه الله.

Saking besarnya perhatian beliau hingga beliau dijuluki oleh sebagian masyaikh dengan sebutan: MUJADDID (dalam bab tersebut) karena beliau mengembalikan kemurnian bab tersebut dalam manhaj salaf dari kotoran hawa nafsu dan fanatik person atau kelompok serta masalah pribadi, beliau sangat serius menjelaskan tahdzir sesuai sunnah dan memperingatkan dari tahdzir yang serampangan hingga ditujukan kepada sesama ahlussunnah. Dan selama 20 tahun lebih beliau diuji oleh Allah dengan cacian bahkan vonis tabdi' yang diarahkan kepadanya. Namun beliau bersabar dan membantah tuduhan-tuduhan para ghulat tajrikh (ekstrimis tahdzir) hingga wafatnya beliau رحمه الله . Jika Syaikhul Islam gencar menjelaskan manhaj salaf dalam bab asma" was shifat hingga dituduh mujassimah, dan syaikh muhammad bin abdul wahhab menjelaskan manhaj salaf dalam tauhid uluhiyyah hingga dituduh kafir musyrik, adapun syaikh menjelaskan bab ini hingga dituduh MUBTADI yanf kebid'ahannya lebih berbahaya dari Sayyid Quthb. 
لا حول و لا قوة الا بالله

Banyak bukti JUHUD Syaikhina رحمه الله dalam bab ini, dan itu bisa kita jumpai dalam rekaman durus dan muhadharah yang beliau sampaikan secara khusus membahas bab ini, maupun penjelasan beliau dalam berbagai majelis tanya jawab bersama beliau (banyak dijumpai di youtube).

Adapun dalam bentuk tulisan, maka ada 2 jenis tulisan yang beliau tulis tentangnya:

1️⃣ Tulisan ta'shil & taq'id, seperti kitab beliau yang fenomenal berjudul:

منهج السلف الصالح في ترجيح المصالح وتطويح المفاسد والقبائح في أصول النقد والجرح والنصائح

Cetakan pertana bisa didownoad di:
https://t.me/alhalaby1/353

Cetakan kedua:
https://t.me/alhalaby1/354

Dan alhamdulillah kitab beliau ini telah disyarah dalam dauroh yang diselenggarakan STAI Surabaya di tahun 2009. Berikut link videonya:
https://youtu.be/rCZ-Yw0c1Lw

Kitab beliau ini mendapat penetangan dari banyak kalangan, bahkan sebagian masyaikh dan du'at menulis bantahan terhadap kitab beliau ini, namun sebagian murid beliau telah menulis bantahan balik (tanggapan ilmiyyah) diantaranya:
📘 Qurrotu 'Uyun as-Salafiyyin
📗 Iqamatu ad-Dalail wa as-Shahaih 'alal Masail as-Sharaikh

2️⃣ Tulusan Rudud seperti kitab berjudul: al-Haq al-Munjali

Adapun gambaran akan manhaj beliau dalam bab ini telah dituliskan oleh murid beliau UMAR BIN IBRAHIM ABU THALHAH dengan judul:

منهج الشيخ علي الحلبي في الحكم على الخالف و معاملته

Link download:
https://drive.google.com/file/d/15QwKx92-wdTzOOEe_4jH4eUdQOt7cydK/view

MAKA...
WAHAI PECINTA & PENGAGUM SYAIKH ALI AL-HALABI ...

Jangan anda mengagumi beliau dengan sekedar memujinya...
Namun ikutilah manhajnya yang lurus...
Sikapilah Ahlu Bid'ah dengan ilmu dan keadilan tanpa ghuluw...
Dan sikapilah saudara sesama salafi yang tergelincir dalam kesalahan dengan ilmu dan hikmah ....
Jangan engkau mengaku cinta kepada Syaikh Ali namun mengikuti gata ghulat mujarrikhin dalam bab tabdi' dan tahdzir.

Namun...
Syaikh Ali al-Halabi رحمه الله seperti ulama lainnya yang tidak ma'shum, terkadang benar dan terkadang salah (dalam tathbiq ijtihadi bukan ta'shili manhaji). Ada sebagian dai yang telah jauh menyimpang, namun beliau mensikapinya sebagai salafi yang tidak boleh diperlakukan sebagai ahlu bid'ah.
Dan kita tidak ikuti kesalahan beliau...
Kita doakan rahmat dan ampunan untuk beliau atas kesalahannya.. 
Dan kita tidak mencela atau bahkan mentabdi' beliau atas kesalahannya sebagaimana perbuatan Ghulat Tajrikh ...

Dan sekarang...
Apakah kalian wahai ghulat tajrikh menuduh kami ghuluw terhadap Syaikh Ali Hasan???

Kami tidak ghuluw, kami hanya membela kehormatan beliau yang telah kalian robek-robek ...

Maka pamahamilah wahai kaum ust Amir Al kadiry