Senin, 21 Desember 2020

📝 Ridho semua manusia tiada habisnyaSyaikhul Islam Ibnu Taimiyyah berkata :

📝رضى الناس غاية لا تدرك
📝 Ridho semua manusia tiada habisnya

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah berkata :

  "Wajib untuk diketahui bahwasanya tidak boleh secara akal maupun SECARA AGAMA untuk mencari ridho semua makhluk berdasarkan dari dua sisi:

1. Itu adalah hal yang tidak mungkin, sebagaimana kata Imam Asy-Syafi'iy رضي الله عنه :" Manusia adalah tujuan yang tidak bisa dicapai, maka hendaknya engkau melakukan hal yang memperbaiki keadaanmu dan senantiasa seperti itu dan tinggalkan yang lainnya dan jangan pedulikan".

2. Kita diperintahkan untuk mencari ridho Allah dan Rasul-Nya, sebagaimana dalam firman-Nya :

وَاللّهُ وَرَسُوْلُهُ أحَقُّ أنْ يُرْضُوْهُ
"Dan Allah dan Rasul-Nya lebih patut untuk mereka cari keridhoannya..." (QS At-Taubah: 62).

   Dan wajib bagi kita untuk takut kepada Allah dan tidak takut kepada siapa pun juga selain Allah, sebagaimana dalam firman Allah :

فلا تخافوهم وخافونِ إن كنتم مؤمنين

"Maka janganlah kalian takut kepada mereka (manusia) dan takutlah kepada-Ku jika kalian benar-benar beriman" (QS Ali Imran: 175)...

   Maka wajib bagi kita untuk takut kepada Allah, dan bertakwa kepada-Nya terkait hubungan dengan manusia, kita tidak boleh menzhalimi manusia dengan hati dan anggota tubuh kita. Dan kita wajib menunaikan hak-hak manusia dengan hati dan anggota tubuh kita. Dan kita tidak boleh takut kepada manusia di jalan Allah sehingga kita meninggalkan apa yang Allah perintahkan dan Rasulullah صلى الله عليه وسلم perintahkan karena takut kepada manusia. Barangsiapa yang menempuh jalan ini niscaya keberuntungan pada akhirnya akan bersamanya..."

(Majmu' Fatawa: 3/ 233)
Ust varian  Ghani harima