Selasa, 08 September 2020

Yang kemaren, membangga-banggakan sanad ilmunya sampai kepada Nabi -shallallahu alaihi wasallam- .. =====Ternyata setelah diteliti (khususnya dalam masalah dimana Allah?), paling tinggi sanad mereka sampai kepada generasi awal muktazilah

Yang kemaren, membangga-banggakan sanad ilmunya sampai kepada Nabi -shallallahu alaihi wasallam- .. 

=====

Ternyata setelah diteliti (khususnya dalam masalah dimana Allah?), paling tinggi sanad mereka sampai kepada generasi awal muktazilah .. tidak ada dari kaum muslimin sebelum itu yg mengatakan bahwa Allah tidak bertempat seperti yg mereka katakan hingga saat ini.

Sebaliknya ustad² yg mereka juluki wahabi, bisa menyebutkan silsilah akidah itu hingga generasi Tabi'ut tabi'in, Tabiin, bahkan generasi Sahabat -radhiallahu anhum ajma'in- .. dan para Sahabat tidaklah mungkin mengambil akidah itu, melainkan dari Nabi -shallallahu alaihi wasallam-.

Silahkan mereka membantah hakekat yg lebih terang dari sinar matahari ini! 

Bahkan Imam Abul Hasan Al-Asy'ari yg mereka bangga-banggakan pun menjadi salah satu ulama yg menjadi "musuh" mereka dalam akidah ini, ternyata beliau sendiri juga meyakini bahwa Allah itu berada di atas langit, di atas Arsy-Nya .. bahkan beliau menukil adanya ijma' (kesepakatan semua ulama) di zaman dahulu dalam masalah ini.

Jika keadaannya demikian, masih pantaskah akidah itu dipegang teguh .. apalagi akidah bahwa Allah ada dimana-mana .. apalagi akidah bahwa Allah menyatu dengan makhluk-Nya! 

Semoga Allah selalu membimbing kita semua kepada jalan yg lurus, jalan-Nya Nabi -shallallahu alaihi wasallam- dan para sahabat beliau -radhiallahu anhum ajma'in- .. itulah akidah Ahlussunnah Waljamaah yg sebenarnya.

Silahkan dishare .. semoga bermanfaat dan Allah berkahi.
Ustadz Dr Musyafa ad dariny lc Ma