Selasa, 22 September 2020

seorang jahmiyyah berkata kepada kita :" Allah istawa di atas Arasy dan juga Dia turun ke langit dunia di 1/3 malam, berarti Arasy kosong?

Allah ta'ala Kuasa Turun ke langit dunia dan Juga tanpa meninggalkan ArasyNya. Jadi masalahnya di mana bagi kalian yang mengingkari itu semua .??!. 

Dan Apabila seorang jahmiyyah berkata kepada kita :" Allah istawa di atas Arasy dan juga Dia turun ke langit dunia di 1/3 malam, berarti Arasy kosong, dst..". Sering kita dengar omongan ini. 

Maka cukup lah seorang Ulama besar mazhab asysyafii رحمه الله dan sekaligus murid beliau dan gurunya para ulama hadist yaitu : Bukhori, muslim, attirmidzi, dan annasa'i رحمهم الله yaitu imam ISHAQ BN ROHWAIH رحمه الله yang menjawab Syubuhat mereka.!. 
Beliau berkata :

دخلت على ابن طاهر فقال : ما هذه الاحاديث تروون أن الله ينزل إلى السماء الدنيا ؟ قلت : نعم، رواها الثقات الذين يرون الاحكام، فقال : ينزل ويدع عرشه ؟ فقلت : يقدر أن ينزل من غير أن يخلو منه العرش ؟ قال : نعم قلت: فلم تتكلم فى هذا.؟ 
" aku masuk kepada gubernur Ibnu tohir (gub khurasan.pen.) maka dia berkata :apakah kalian meriwayatkan hadist2 ini " SESUNGGUHNYA ALLAH TURUN KE LANGIT DUNIA?". 
Maka aku berkata : Iya.! Perwainya orang orang tsiqot mereka yang meriwayatkan hadist2 tentang hukum juga". 
Maka dia berkata :" Allah turun dan meninggalkan Arasy ?!.
Maka aku berkata : " (bagaimana menurut mu) apakah Dia Kuasa untuk Turun dengan tidak meninggalkan ARASNYA ? "
Maka dia menjawab :" iya kuasa.!! 
Aku menjawab :" maka kenapa kamu membicarakan hal ini.!?'  
Al uluw li Aliyyil Adzim. Imam adzdzahabi hal 1125 atsar no 448 juz 2. 

* Allah istawa di atas Arasy dan Dia turun ke langit dunia itu Urusan Allah ta'ala, adapun kaifiyyahnya cuma Allah yang tau, Urusan kita ialah hanya mengimani itu semua dan membuang fikiran membagaimanakan sifat sifat Allah ta'ala.
 Adapun jahmiyyah ialah mengingkari itu semua, karena mereka awalnya membagaimanakannya kemudian mengukur dgn apa yang di lihat dari apa yang di lakukan oleh mahluq, setelah itu mereka mengingkari Allah istawa di atas Arasy dan Turun kelangit dunia dan sifat2 Allah lainnya. 

Wallahu a'alam.!
Ustadz Atori Husen