Jumat, 21 Februari 2020

POLEMIK ‘UDZR BIL-JAHL DAN TUDINGAN SEKTE MURJIAH

POLEMIK ‘UDZR BIL-JAHL DAN TUDINGAN SEKTE MURJIAH 

Dalam suatu kesempatan pertemuan terbuka (liqā` maftūḥ), Syaikh Ibn ‘Utsaymīn, raḥimahullāh, ditanya tentang bagaimana hukum seorang yang memvonis kalangan yang berpendapat adanya ‘udzr bil-jahl sebagai sekte Murjiah. Menanggapi pertanyaan itu, Syaikh Ibn ‘Utsaymīn justru memberikan jawaban dengan menguatkan pendapat adanya ‘udzr bil-jahl, dan bahwa demikianlah konsekuensi dalil-dalil Quran dan Sunnah. Dan dalam kesempatan lainnya, beliau ditanya tentang perkara ‘udzr bil-jahl dalam konteks akidah. Beliau menjawab bahwa perbedaan pendapat dalam perkara ‘udzr bil-jahl termasuk khilafiah yang bersifat fikih dan ijtihād. 

Bandingkan jawaban beliau di atas dengan ucapan kalangan yang gampang menuding pihak lain yang tidak sepaham dengannya dalam perkara ‘udzr bil-jahl dengan tuduhan Murjiah! Faktanya, umumnya kalangan tersebut memang lebih bermudah-mudahan dalam pengafiran terhadap sesama. 

Referensi (SS terlampir): 
1. Liqā`āt al-Bāb al-Maftūh Ma’a Fadhīlatisy-Syaykh Muḥammad bn Shālih bn ‘Utsaymīn, pemrakarsa: Dr. ‘Abdullāh bn Muḥammad al-Thayyār, pertemuan ke-33, vol. II, hlm. 264, Maktab Dār al-Bashīrah, Aleksandria, Mesir; dan  
2. Majmū’ Fatāwā wa Rasāil Fadhīlatisy-Syaykh Muḥammad bn Shālih al-‘Utsaymīn, kolektor dan penyunting: Fahd bn Nāshir bn Ibrāhim al-Sulaymān, soal ke-224, vol. II, hlm. 130, cet. Dār al-Wathan, Riyad, KSA.

Allāhu a’lam. Semoga tulisan ini bermanfaat. 

Adni Abu Faris 
22/02/2020