Minggu, 23 Februari 2020

MENGENAL SEKILAS GURU KAMI AS-SYAIKH MUHAMMAD Al-IMAM HAFIDZAHULLAH( PIMPINAN DARUL HADIST MA'BAR )

MENGENAL SEKILAS  GURU KAMI AS-SYAIKH MUHAMMAD Al-IMAM HAFIDZAHULLAH( PIMPINAN DARUL HADIST MA'BAR )

Beliau mendapatkan uang maka diapun bergembira. Bukan karena ingin menumpuk harta , akan tetapi untuk membagikannya kepada para santrinya . Ketika beliau sakit maka ia pun menangis , bukan karena pedihnya rasa sakit yang beliau alami , namun karena kealpaannya untuk mengajar , dan memberi manfaat kepada manusia . Beliau berhutang hingga berjuta-juta (pen: reyal Yaman ) bukan untuk membangun proyek-proyek keduniaan akan tetapi untuk menafkahi santri santrinya.
Sungguh beliau pernah berkata dalam salah satu kesempatan ketika beliau mengajar, seandainya salah seorang diantara kalian mengetahui beban utang saya maka pasti dia akan memvonis saya dengan kegilaan ( pen: sakin banyaknya utang pondok ), 
Beliau merengek kepada Allah subhanahu wa ta'ala dengan doanya dsertai dengan kerendahan hati dan tangisan kencang, kebanyakan doa beliau adalah untuk para santrinya dan untuk kaum muslimin.
Maka ayah manakah yang telah melakukan hal hal seperti ini untuk anak anaknya ???.

Saya berkisah tentang guru kami, ayah kami, Muhammad bin Abdillah al-imam ( Semoga Allah subhanahu wa ta'ala menjaga beliau dan  membahagiakan kami dengan memanjangkan umurnya ).

Diterjemahkan oleh abul irbadh supriano.

#Darul hadist ma'bar adalah salah satu pondok pesantren yang terletak di yaman Utara dengan sistem belajar mulazamah /talaqqi ( berguru langsung ) 
-santrinya berjumlah ribuan dengan kewarganegaraan yang berbeda-beda dari timur sampai barat ,arab dan non arab ,
-semua santri yang jumlahnya ribuan gratis makan dan tinggal berapapun lamanya.
- Biasanya utang2 pondok lunas dbulan ramadhon krn banyak zakat harta dan donasi yang masuk.

Ustadz abu Supriano irbad