Selasa, 04 Februari 2020

kisah kisah dalam Alquran

Sungguh Alloh عز وجل telah banyak memberikan banyak kisah dalam Al Qur'an agar meringankan hati kita dalam bersabar.

Jika anda seorang yang tertimpa sakit,  ingatlah kisa Nabi Ayyub عليه السلام, Alloh  عز وجل memberikan ujian berupa penyakit yang begitu berat kepada kekasih-Nya.

Jika anda kesulitan mendakwahi keluarga, ingatlah kisah Nabi Ibrahim, Nabi Nuh, Nabi Luth عليهم السلام.

Jika anda seorang ibu yang merasakan sakit melahirkan, hiburlah dengan membaca kisah ibunda Maryam yang berjuang sendirian melahirkan Nabi Isa عليه السلام. 

Anda seorang yang difitnah dengan keji, maka fitnah mana lagi yang lebih keji dari fitnah yang mengguncang keluarga Nabi صلى الله عليه وسلم menimpa ibunda Aisyah رضي الله عنها , Alloh lepaskan tuduhan tersebut dalam QS An Nuur.

Anda seorang yang berdakwah lalu dicaci maki, diancam di intimidasi, sungguh para Nabi dan Rosul telah mengalami yang lebih berat . Nabi Musa عليه السلام yang dihina dihadapan massa oleh fir'aun, Nabi Isa , Nabi Syu'aib, Nabi Luth عليهم السلام yang diancam akan dibunuh. 

Anda seorang yang menantikan anak keturunan hiburlah dengan kisah Nabi Zakaria عليه السلام .
Dan masih banyak lagi kisah lainnya semua itu ada dalam Al Qur'an.

Sungguh Alloh عز وجل telah berfirman : 
{وَنُنَزِّلُ مِنَ الْقُرْآنِ مَا هُوَ شِفَاءٌ وَرَحْمَةٌ لِّلْمُؤْمِنِينَ ۙ وَلَا يَزِيدُ الظَّالِمِينَ إِلَّا خَسَارًا} [الإسراء : 82]
"Dan Kami turunkan dari Al Quran suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al Quran itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian." QS Al Isra : 82.

والله خير المستعان
Ustadz Indra Gunawan 
Pengajar PP imam bukhori