Senin, 08 Maret 2021

DHOIF ARBAIN NAWAWI (1)

DHOIF ARBAIN NAWAWI (1)

kami akan membahas hadits-hadits yang diperbincangkan oleh para ulama, terutama oleh Al-Hafizh Ibnu Rajab al-Hanbali dalam syarahnya terhadap Arbain Nawawi. Ada 6 buah hadits yang beliau nilai dhoif dari sisi sanadnya dan berikut pembahasannya dari kami terkait 6 buah hadits tersebut :
1. Hadits ke-12 dari Abu Hurairah Rodhiyallahu 'anhu secara marfu’ :

مِنْ حُسْنِ إِسْلَامِ الْمَرْءِ تَرْكُهُ مَا لَا يَعْنِيهِ
“Diantara kebaikan Islam seseorang adalah meninggalkan apa yang tidak penting baginya.”

Al-Imam Nawawi memberikan takhrij untuk hadis ini :
حديثٌ حسنٌ, رَوَاهُ التِّرْمِذِيُّ وَغَيْرُهُ
“hadits hasan, diriwayatkan oleh Tirmidzi dan selainnya.”

Hadits ini diriwayatkan oleh al-Imam Tirmidzi dalam “Sunannya” (no. 2317) dan al-Imam Ibnu Majah dalam “Sunannya” (no. 3976), keduanya melalui jalan :
حَدَّثَنَا الْأَوْزَاعِيُّ، عَنْ قُرَّةَ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ حَيْوَئِيلَ، عَنِ الزُّهْرِيِّ، عَنْ أَبِي سَلَمَةَ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، 

Kedudukan sanad :
Semua perawinya tsiqah, kecuali Qurrah ada perbincangan ulama terhadapnya. Penilaian positif diberikan oleh al-Imam al-Auzaa’iy yang berkata tentangnya :
ما أحدٌ أعلم بالزهري من ابن حيوئيل
“tidak ada seorang pun yang lebih alim terhadap riwayatnya az-Zuhriy dibandingan ibnu Haiwaiil.”
Al-Imam Ya’qub bin Sufyan mentsiqohkannya, begitu juga al-Imam Abu Zur’ah menyebutkan hadits-haditsnya yang bagus.” (dinukil dari al-Jaami’i fii Jarh wa Ta’dil, 2/393).
Al-Imam Ibnu ‘Adiy mengatakan : 
روى الأوزاعي عن قرة بضعة عشر حديثاً، وأرجو أنه لا بأس به
“al-Auzaa’iy meriwayatkan belasan hadits dari Qurrah dan aku harap tidak mengapa.” (Miizaan al-I’tidaal, 3/388).

Sedangkan al-Imam Ahmad menilainya haditsnya mungkar sekali dan al-Imam Daruquthni mengatakan haditsnya tidak kuat.

Atas dasar baik sangka kepadanya, maka sanad ini minimalnya adalah hasan, sebagaimana penilaian al-Imam Nawawi diatas. Al-Hafizh Ibnu Rajab dalam kitabnya “Jaami’u al-Uluum wa al-Hikam” menukil sebagian Aimah yang mengatakan bahwa yang mahfuzh (terjaga) adalah sanadnya mursal, sebagaimana yang diriwayatkan oleh al-Imam Malik dalam “al-Muwatha’” (no. 3) dan al-Imam Tirmidzi (no. 2318) meriwayatkan dari jalannya al-Imam Malik :
عَنِ ابْنِ شِهَابٍ، عَنْ عَلِيِّ بْنِ حُسَيْنِ بْنِ عَلِيِّ بْنِ أَبِي طَالِبٍ، أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ

Kedudukan sanad :
Ali bin Husain bin Ali bin Abi Thalib adalah perawi yang berada di tingkatan Tabi’i, sehingga sanad hadits ini mursal dan mursal adalah kategori hadits dhoif. Al-Hafizh Ibnu Rajab menukil bahwa al-Imam Ahmad, Yahya bin Ma’in, Bukhari dan Daruquthni rahimahumullah menetapkan yang rajih adalah mursal.

Akan tetapi tentu masalah penilaian hadits adalah masalah ijtihadiyyah, sehingga hal yang lumrah ada perbedaan penilaian padanya. Dan sanad yang menyebutkan riwayatnya secara marfu’ ternyata tidak hanya satu jalan sebagaimana diatas. Asy-Syaikh Syu’aib Arnauth dan teamnya ketika mentakhrij Sunan Ibnu Majah (5/119) menemukan beberapa jalan yang marfu’ sebagai berikut :
A. Dari Ali bin Husain dari bapaknya yaitu Husain bin Ali bin Abi Thalib Rodhiyallahu 'anhu dari Nabi Sholallahu 'alaihi wa Salaam. Diriwayatkan oleh Imam Ahmad dalam “al-Musnad” (no. 1737), namun melalui jalan al-Umariy, perawi yang dhoif. 
B. Dari Zaid bin Tsabit Rodhiyallahu 'anhu secara marfu’ dalam “Mu’jam ash-Shaghir” Thabarani (no. 884) dan al-Qadhaa’iy dalam “Musnad asy-Syihaab” (no. 191).
C. Dari Ali bin Thalib Rodhiyallahu 'anhu dalam riwayat al-Hakim di kitabnya “Taariikh Naisaabuur” (no. 191).
D. Dari al-Harits bin Hisyaam al-Makhzuumiy dalam riwayat Ibnu Asaakir di kitabnya “Taariikh Dimasyqi”.
Al-Imam al-Albani Rahimahullah menambahkan yang kelima adalah :
E. Dari Abu Dzar Rodhiyallahu 'anhu secara marfu’ dalam taarikhnya al-Hakim.

Berdasarkan penggabungan jalan-jalan ini, Imam al-Albani menilai sanad hadits yang kita bahas ini Shahih Lighoirihi atau minimalnya Hasan lighoirihi sebagaimana penilaian al-‘Allamah Syu’aib Arnauth Rahimahumaallah. Wallahu A’lam.

Abu Sa'id Neno Triyono
https://www.facebook.com/100034708846450/posts/488916518941972/