Minggu, 21 Maret 2021

Analisis Ringkas tentang Akidah Al-Qadhi Abu Ya'la Al-Hanbali ‎(458 ‏H)

Analisis Ringkas tentang Akidah Al-Qadhi Abu Ya'la Al-Hanbali (458 H)

Diterjemahkan dari tulisan Ustaz Abdul Aziz.

1. Beliau merupakan Syaikhul Hanabilah di Baghdad pada zamannya. Termasuk tokoh terpenting di dalam Mazhab Hanbali sehingga beliau dijadikan sebagai pembatas antara Hanabilah thabaqah Mutaqaddimin dan Hanabilah thabaqah Mutawashshithin. (Lihat: "Al-Madkhal ila Madzhab Ahmad", Ibnu Badran). 

Beliau juga merupakan guru banyak ulama Hanabilah yang berpengaruh, antara lain Syaikhul Hanabilah Asy-Syarif Abu Musa yang berperan penting sewaktu berlangsung fitnah Ibnul Qusyairi di Baghdad. Fitnah tersebut menyebabkan kegaduhan besar di antara pengikut Hanabilah dan Asya'irah. 

2. Al-Qadhi mempunyai dua kitab penting di dalam Aqidah yang mewakili pandangan beliau. Kitab pertama beliau adalah "Ibthal At-Ta'wilat" yang beliau tuliskan sebagai respons terhadap berbagai penakwilan yang dilakukan oleh Ibnu Furak di dalam kitab "Musykil Al-Hadits/Ta'wil Al-Akhbar".

Adapun kitab kedua beliau yang penting di dalam menggambarkan akidah beliau adalah kitab "Al-Mu'tamad" atau "Mukhtashar Al-Mu'tamad fi Ushul Ad-Din".

3. Walaupun di dalam "Ibthal Al-Ta'wilat" beliau kelihatan keras mengkritik dan menafikan takwilan-takwilan yang dilakukan oleh Ibnu Furak, bukan berarti akidah beliau adalah "itsbat" sifat Allah dengan maknanya.

Metode Tafwidh dapat dilihat dengan jelas di awal kitab "Ibthal At-Ta'wilat", yaitu di bab yang bertajuk "Pasal tentang larangan untuk menakwil sifat atau menafsirnya". Di dalam pasal ini beliau menolak pendapat Imam Ibnu Qutaibah yang menyatakan bahwa perkara mutasyabihat diketahui maknanya oleh Ahli Ilmu.

Bahkan di dalam "Mukhtashar Al-Mu'tamad", beliau menunjukkan kecenderungan yang jelas kepada Ilmu Kalam serta metode "Tafwidh Shifat". Di dalam "Al-Mukhtashar" beliau memulai kitab beliau seperti Ahli Kalam yang lain dengan isu "Apa Kewajiban Pertama bagi Seorang Mukallaf?", "Taqrir Dalil Huduts Al-Ajsam", dengan panjang lebar dan sebagainya.

Begitu juga kita mendapati beliau menafikan "Al-Af'al Al-Ikhtiyariyyah" bagi Allah dan menekankan bahwa keseluruhannya adalah "qadim". 

Beliau juga mengatakan bahwa sifat Kalam Allah juga "qadim dan tidak berbilang", namun mempunyai huruf dan bisa didengar.

4. Walaupun beliau terpengaruh dengan Ilmu Kalam dan berpegang kuat dengan "Metode Tafwidh", beliau tetap bersikap tegas terhadap Asya'irah. Putra beliau mencatat di dalam "Thabaqat Al-Hanabilah" bahwa, menurut ayahnya, Asya'irah digolongkan sebagai ahli bid'ah. 

Jika diteliti, Hanabilah dari zaman ke zaman menjadikan isu Al-Qur'an dan Sifat Kalam sebagai pembeda antara ahli bid'ah dan selainnya. Jadi, tidak mengherankan ketika ada Hanabilah yang datang setelah Al-Qadhi, yang sangat cenderung kepada takwil, sampai menuduh Al-Qadhi sebagai Zhahiri serta cenderung tasybih, tetap melakukan tabdi' terhadap Asya'irah. Contohnya adalah Ibnul Jauzi (597 H). (Lihat: "Al-Muntazham" dan "Shaid Al-Khathir").

Catatan Saya (Ferry)

Foto yang saya pasang adalah sampul versi cetak dari kitab "Mukhtashar Al-Mu'tamad" yang sudah ditahkik.

Aslinya dari tesis magister di Universitas Ummul Qura, Makkah, di bawah bimbingan Prof. Dr. Abdullah Ad-Dumaiji.

Kemungkinan sudah dilengkapi dengan catatan perbandingan dengan akidah Salafiah yang berlandaskan "Manhaj Itsbat".

Jadi, tulisan ini bukan dalam rangka mempromosikan "Manhaj Tafwidh" atau "Manhaj Ta'wil".

File (versi tesis) diunggah dalam format ZIP. Untuk membacanya, silakan mengekstraksi file tersebut ke format PDF.

من أول الكتاب حتى نهاية فصل الغلاء والرخص
https://archive.org/download/aqidah02/Aqidah08672.zip

من أول فصل في إرسال الرسل حتى نهاية الكتاب
https://archive.org/download/aqidah02/Aqidah03261.zip
Soal:
Di tubuh hanabilah sendiri ada pertentangan antara tafwidh makna dengan itsbat makna gak tadz? Kalau ada siapa tokohnya?

Jawaban:
 penjelasan dari Ustaz Abdul Aziz. Kurang lebih sbb.:

Berikut adalah pengategorian Hanabilah menurut "ittijah"/kecenderungan mereka di dalam metode mengkaji akidah. 

1. Hanabilah yang cenderung kepada Ilmu Kalam, seperti Abu Al-Fadhl At-Tamimi (410 H), Al-Qadhi Abu Ya'la (458 H), Abu Muhammad Rizqullah At-Tamimi (488 H), Ibnu Aqil (513 H), Ibnuz Zaghuni (527 H), dan Ibnul Jauzi (597 H).

2. Hanabilah yang cenderung kepada "ghulu" di dalam "itsbat", seperti Abu Abdillah Ibnu Hamid (400 H).

3. Hanabilah yang menetapi akidah Imam Ahmad, seperti Abu Bakr Al-Khallal (311 H), Al-Barbahari (329 H), Ibnu Syaqilla (369 H), Ibnu Baththah Al-Ukbari (387 H), Khalifah Al-Qadiru billah (422 H), Abu Nashr As-Sijzi (444 H), Abu Abdillah Ibnul Banna (471 H), Abu Ismail Al-Harawi (481 H), Abul Khaththab Al-Kalwadzani (510 H), Abdul Qadir Al-Jili (561 H), Abdul Ghani Al-Maqdisi (600 H), dan Ibnu Qudamah Al-Maqdisi (620 H).

Soal :
Kalau ibnu taimiyyah masuk kemana tadz? Ibnu qudamah kabarnya tafwidh makna, apa imam ahmad juga tafwidh makna?
Jawaban: 

Saya meyakini Ibnu Taimiyyah berada di atas akidah Imam Ahmad. 

Kedekatan akidah dua imam tersebut diperjelas oleh Nu'man Al-Alusi di dalam kitab "Jala' Al-Ainain".
Ust Ferry Irawan
https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=10219019231248447&id=1134788976