Rabu, 03 Maret 2021

AKU TIDAK TAHUImam Malik rahimahullah pernah mengatakan,جنة العالم "لا أدري" فإن أغفلها أصيبت مقاتله."Perisai seorang yang berilmu, ‏adalah ‎(dia berani mengatakan) 'Aku tidak tahu'. ‏Apabila ia melalaikannya, ‏ia bisa binasa."

AKU TIDAK TAHU

Imam Malik rahimahullah pernah mengatakan,

جنة العالم "لا أدري" فإن أغفلها أصيبت مقاتله.

"Perisai seorang yang berilmu, adalah (dia berani mengatakan) 'Aku tidak tahu'. Apabila ia melalaikannya, ia bisa binasa."
(As-Siyar: 77/8, Min A'laam as-Salaf: 352/1).

Jika Imam Malik tidak mengetahui persoalan yang ditanyakan kepadanya, maka beliau akan menjawab, "Aku tidak tahu" atau "Wallahu a'lam" (hanya Allah-lah yang tahu).

Beliau tidak menjawab kesana kemari sekehendaknya sendiri, karena beliau tahu, bahwa semua yang terucap oleh lisan akan dipertanggungjawabkan kelak di hadapan Allah 'azza wa jalla.

Dari al-Haitsam bin Jamil, ia mengatakan, "Aku mendengar Malik ditanya tentang 48 persoalan, dan ia hanya bisa menjawab 32 di antaranya dengan mengatakan, 'Aku tidak tahu'."
(As-Siyar: 77/8, Min A'laam as-Salaf: 352/1).

Dalam riwayat lain dikisahkan, dari Khalid bin Khidasy, ia mengatakan, "Aku datang kepada Malik dengan membawa 40 masalah, tidaklah dia memberikan jawaban kepadaku melainkan hanya dalam 5 persoalan saja."
(As-Siyar: 77/8, Min A'laam as-Salaf: 352/1).

Masih tentang beliau, dari Abdurrahman bin Mahdi, dia mengisahkan, "Pernah ada seorang laki-laki bertanya kepada Malik tentang suatu persoalan, maka beliau pun menjawab, 'Aku tidak bisa menjawabnya dengan baik.' Orang itu berkata, 'Kepergianku ini untuk menemui dirimu. Aku telah melewati beberapa negeri. Itu semua hanya karena ingin menanyakan masalah tersebut.'

Imam Malik mengatakan padanya, 'Jika engkau kembali ke tempatmu, maka sampaikanlah kepada mereka (para penduduk di negerinya) bahwa aku telah berkata padamu, 'Aku tidak bisa menjawabnya.'"
(Min A'laam as-Salaf: 352/1).

Sudahkah kita meniru beliau, Imam Malik rahimahullah, dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan yang belum/tidak kita ketahui? Atau malah memaksakan diri untuk tetap bisa menjawab melalui dugaan, supaya tidak merasa malu?

Bertakwalah kepada Allah.

Kisah-kisah menarik lainnya dari beliau bisa dinikmati dalam buku "KISAH 2" yang insya Allah akan rilis bulan depan. Entah kapan tanggalnya.
Baarakallahu fiikum.
https://www.facebook.com/100037369723302/posts/433901421198845/