Minggu, 11 Agustus 2019

Kisah umar bin khotob di hari raya qurban

maka Umar bin Khathab langsung memukul pria itu dengan pecut nya. Umar berkata," Apakah engkau ingin menyiksa hewan itu !" Kenapa engkau tidak mengasah pisaumu sebelum engkau membawanya ?".
(HR. Baihaqi 9/280, Dishahihkan Al Albani dalam As Shahihah 1/68)

"Dari Muhammad bin Sirin, bahwa Umar bin Khathab pernah melihat seorang lelaki menyeret kambing nya untuk disembelih...maka Umar memukul orang itu dengan pecutnya dan berkata," Giring kambing itu pada kematiannya dengan giringan yang bagus".

(juga HR. Baihaqi 9/280, Dishahihkan Al Albani dalam As Shahihah 1/68).
.
Syaikh Al Albani berkata, "Inilah beberapa Atsar yang hingga saat ini yang aku ketahui berkaitan tentang pengaruh kaum Muslimin generasi awal akan arahan Rasulullah shalaAllahu alaihi wasallam di dalam berlemah lembut pada hewan (hingga beliau berkata).....dan ini adalah bukti jelas bahwasanya Islamlah yang pertama kali meletakkan dasar dasar dalam aturan lemah lembut pada hewan, berbeda dengan anggapan sebagian kaum bodoh yang mengatakan bahwa kasih sayang pada ternak adalah aturan yang dibuat orang orang Eropa."

agama kita sudah sempurna..mari amalkan darinya sebisa dan semampu kita..
.
.
Semoga Allah menganugerahi kita ilmu sebelum beramal dan menganugerahkan kita taufik agar beramal di dalam ilmu yang kita ketahui. karena yng demikian adalah ciri ahlusunnah wal jamaah dari masa ke masa hingga akhir zaman.

dikumpulkan oleh fauzi rifaldi
@suaramadinah.
9 Zulhijjah 1440/ 10 Agustus 2019.