Jumat, 16 Agustus 2019

Nasehat Agar Sibuk Menuntut Ilmu & Tidak Menyibukkan Diri Dengan Rudud (Bantahan)

Nasehat Agar Sibuk Menuntut Ilmu & Tidak Menyibukkan Diri Dengan Rudud (Bantahan)

Berkata Syaikh Muqbil rahimahullah:

ﻻ ﺗﺸﻐﻞ ﻧﻔﺴﻚ ﺑﺎﻟﺮﺩﻭﺩ ﻋﻠﻴﻬﻢ - ﻳﻌﻨﻲ ﺃﻫﻞ اﻟﺒﺪﻉ- ﻓﺄﻧﺖ ﻃﺎﻟﺐ ﺗﺤﺘﺎﺝ ﺇﻟﻰ اﻟﺘﺰﻭﺩ ﻣﻦ اﻟﻌﻠﻢ ﻭﺇﺫا ﺷﻐﻠﺖ ﻧﻔﺴﻚ ﺑﻬﺬا ﺗﻨﺸﻐﻞ ﻋﻦ ﺣﻔﻆ اﻟﻘﺮﺁﻥ ﻭﻋﻦ ﺗﺤﺼﻴﻞ اﻟﻌﻠﻢ اﻟﻨﺎﻓﻊ ﻓﻼ ﺗﺸﻐﻞ ﻧﻔﺴﻚ ﺑﻬﺬا ﻭﺃﻗﺒﻞ ﺇﻗﺒﺎﻻ ﻛﻠﻴﺎ ﻋﻠﻰ ﺗﺤﺼﻴﻞ اﻟﻌﻠﻢ اﻟﻨﺎﻓﻊ

Jangan sibukkan dirimu dengan membantah ahli bid'ah. Engkau seorang penuntut ilmu butuh untuk membekali diri dengan ilmu. Jika engkau sibukkan dirimu dengan urusan ini (yaitu membantah) maka engkau akan tersibukkan dari menghafal Al-Quran dan menimba Ilmu yang bermanfaat. Maka janganlah sibukkan dirimu dengan urusan ini, dan fokuskanlah dirimu secara penuh untuk meraih ilmu yang bermanfaat.

📓(Ghãyatul-Asyrithah:1/730)

Ucapan Syaikh Muqbil rahimahullah di atas ditujukkan kepada orang yang membantah ahlu bid'ah, maka lebih utama lagi orang yang kerjanya membantah dan mentahdzir sesama Ahlussunnah...!!

Wahai saudaraku penuntut ilmu (terlebih lagi awam berpenampilan penuntut ilmu), jika terjadi kekeliruan dari seorang da'i sunnah maka jangan engkau tampil membantah yang engkau kira nasehat. Ini tidak ada manfaat bagimu, dan tidak bermanfaat bagi orang yang engkau bantah. Yang ada hanyalah keributan dan berdampak buruk bagi citra dakwah Sunnah.

Serahkan kepada mereka yang mumpuni. In syaa Allah akan bermanfaat bagimu dan bermanfaat bagi orang lain, dan bagi orang yang dibantah.

Semoga Allah memberikan taufiq kepada kita semua.

19 Syawwal 1440
✍🏻Muhammad Abu Muhammad Pattawe,
🕌Darul-Hadits Ma'bar-Yaman.