Senin, 24 Oktober 2022

Aku berlapang dada kepada orang yang menyelisihiku

Pada daurah kemarin dibacakan kalam Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah:

هذا وأنا في سعة صَدْرٍ لمن يخالفني، فإنه وإن تعدَّى حدود الله فيّ بتكفير أو تفسيق أو افتراء أو عصبية جاهلية، فأنا لا أتعدى حدود الله فيه

"Aku berlapang dada kepada orang yang menyelisihiku. Kalau dia melanggar batas-batas Allah dengan mengkafirkanku, atau menyebutku fasik, atau melempar tuduhan padaku, atau bersikap fanatik seperti orang jahiliyyah, aku tidak akan balas melanggar batasan Allah kepadanya.." (Majmu Fatawa 3/245)

Insyaallah inilah prinsip saya selama ini dalam menghadapi tuduhan dan fitnah yang dilontarkan orang lain.

Lagipula kadang ada tuduhan yang saya pandang terlalu kelihatan konyol dan mengada-ada, yang saya yakin orang tidak akan percaya. Jadi buat apa dibantah.

Semoga Allah istiqomahkan kita untuk tetap menjaga batasan-batasan-Nya dalam dakwah dan nasehat kepada umat.
Ustadz ristiyan ragil