Selasa, 05 Juli 2022

Polemik puasa arofah, ikut pemerintah atau tanggal wukuf di arofah?

Polemik puasa arofah, ikut pemerintah atau tanggal wukuf di arofah?

Perselisihan ini sdh ada diantara para ulama dahulu shg bila kita mau adu hujjah dan argumen pun juga bakal saling bawa pendapat imam dan ulama masing2, sekarang yg perlu kita pikirkan adalah solusi dan jalan keluar dari perselisihan ini, krn tentunya kita ingin kebaikan dan mengikuti kebenaran yang berdasarkan alQur'an dan Sunnah:

1. Dua kubu sama2 memiliki dalil yg kuat, sehingga ini msh dlm ranah khilaf fiqh mu'tabar, bukan tafarruq dan perpecahan yg tercela, dan petunjuk dr Allah tatkala kita berselisih adalah : kembalikan kepada Allah dan Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam (solusi Qur'an dan Sunnah saat berselisih)
فَإِن تَنَازَعْتُمْ فِي شَيْءٍ فَرُدُّوهُ إِلَى اللَّهِ وَالرَّسُولِ إِن كُنتُمْ تُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ ۚ ذَٰلِكَ خَيْرٌ وَأَحْسَنُ تَأْوِيلًا

2. AlQur'an dan hadits sdh dengan jelas memerintahkan kita agar mengikuti pemerintah dan jamaah kaum muslimin, masih di ayat yg sama dg ayat diatas Allah berfirman 
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا أَطِيعُوا اللَّهَ وَأَطِيعُوا الرَّسُولَ وَأُولِي الْأَمْرِ مِنكُمْ ۖ 
Shg hukum asal nya adalah kita taat kpd Allah, Rasulullah Dan pemerintah kaum muslimin 

3. Bukan kah kita tidak boleh ikut pemerintah klo menyelisihi Qur'an dan Sunnah? Yup ana setuju dengan antum bila misal hal tersebut adalah maksiat kpd Allah
Sbg mana dlm hadits 
عن عبد الله بن عمر ، عن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال : " السمع والطاعة على المرء المسلم فيما أحب وكره ، ما لم يؤمر بمعصية ، فإذا أمر بمعصية فلا سمع ولا طاعة " .

nah sekarang apakah antm katakan yg tdk puasa arofah sesuai dg wukuf berarti dia melakukan maksiat? Apakah antm anggap bahwa ikut pemerintah adalah kemungkaran pelakunya sbg ahlu bidah? Tentu tidak, krn perselisihan ini adalah pendapat para imam2 dan ulama ahlu sunnah dan msh dlm ranah khilaf fiqh mu'tabar (Selengkapnya bisa dipelajari dlm masalah khilaf tanawwu dan tadhod)

4. Kasus yg mirip spt ini sdh pernah terjadi di jaman para sahabat, yaitu tatkala utsman menyempurnakan shalat di mina 4 rakaat, dan ini jelas2 menyelisihi Rasulullah, abu bakr, dan umar yg hanya shalat 2 rakaat secara Qashar, sahabat ibnu masud pun dengan gigih menyampaikan kpd manusia bahwa hal ini tdk sesuai dg petunjuk nabi, tapi lihat apa yg dilakukan oleh ibnu masud saat di mina, beliau shalat 4 rakaat dg sempurna di belakang utsman, tatkala beliau ditanya mengapa demikian, beliau menjawab "perselisihan adalah keburukan?", yup, menyelisihi pemerintah dan jamaah kaum muslimin adalah keburukan, dan apa yg dilakukan oleh ibnu masud adalah solusi saat terjadi perselisihan 
أنَّ عثمانَ رضيَ اللهُ عنهُ صلَّى بمِنى أربعًا فقال عبدُ اللهِ بنُ مسعودٍ مُنكِرًا عليه : صليتُ مع النبيِّ صلَّى اللهُ عليهِ وسلَّمَ ركعتَينِ ومع أبِي بكرٍ ركعتَينِ ومع عمرَ ركعتَينِ ومع عثمانَ صدرًا من إمارتِه ثم أتمَّها ثم تفرقَتْ بكم الطرقُ فلوددتُ أنَّ لي من أربعِ ركعاتٍ ركعتَينِ مُتقبَّلتَينِ ثم إنَّ ابنَ مسعودٍ صلَّى أربعًا فقيل له : عِبتَ على عثمانَ ثم صليتَ أربعًا قال : الخلافُ شرٌّ

5. Bukan berarti segala keputusan pemerintah langsung kita ikuti dan kita dukung, tidak demikian, tp yg kita dukung dan taati adalah segala keputusan dan aturan pemerintah selama bukan kemaksiatan kpd Allah dan RasulNya
bila misal hal tsb msh dlm ranah khilaf meskipun "menurut antm tidak sesuai sunnah" maka kita harus taat dan patuh, sekali lagi patokan nya adalah:  bukan kemaksiatan 
وعن ابن عباس ، رضي الله عنهما ، قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : " من رأى من أميره شيئا فكرهه فليصبر ; فإنه ليس أحد يفارق الجماعة شبرا فيموت إلا مات ميتة جاهلية " .
Lihat lah dlm hadits ini, Rasulullah menyuruh kita sabar, yg artinya bila kita tdk sependapat dg keputusan pemerintah dan kita tdk suka, maka kita hrs SABAR (selama bkn kemaksiatan)
Klo kita g sabar, takutnya dpt ancaman walau hanya sejengkal,  ancaman nya : "mati dlm keadaan jahiliyah"
Silahkan bayangkan sendiri, segimana kadar sejengkal dalam hal ini

Semoga bermanfaat
Ustadz luthfi setiawan 


Ini fatwa syaikh utsaimin sesuai dg masalah puasa arofah ini :

وسئل رحمه الله من بعض موظفي سفارة بلاد الحرمين في إحدى الدول : ونحن هنا نعاني بخصوص صيام شهر رمضان المبارك وصيام يوم عرفة ، وقد انقسم الأخوة هناك إلى ثلاثة أقسام :

قسم يقول : نصوم مع المملكة ونفطر مع المملكة .

قسم يقول نصوم مع الدولة التي نحن فيها ونفطر معهم .

قسم يقول : نصوم مع الدولة التي نحن فيها رمضان ، أما يوم عرفة فمع المملكة .

وعليه آمل من فضيلتكم الإجابة الشافية والمفصلة لصيام شهر رمضان المبارك ، ويوم عرفة مع الإشارة إلى أن دولة . . . وطوال الخمس سنوات الماضية لم يحدث وأن وافقت المملكة في الصيام لا في شهر رمضان ولا في يوم عرفة ، حيث إنه يبدأ صيام شهر رمضان . بعد إعلانه في المملكة بيوم أو يومين ، وأحيانا ثلاثة أيام .

فأجاب :

اختلف العلماء رحمهم الله فيما إذا رؤي الهلال في مكان من بلاد المسلمين دون غيره ، هل يلزم جميع المسلمين العمل به ، أم لا يلزم إلا من رأوه ومن وافقهم في المطالع ، أو من رأوه ، ومن كان معهم تحت ولاية واحدة ، على أقوال متعددة ، وفيه خلاف آخر .

والراجح أنه يرجع إلى أهل المعرفة ، فإن اتفقت مطالع الهلال في البلدين صارا كالبلد الواحد ، فإذا رؤي في أحدهما ثبت حكمه في الآخر ، أما إذا اختلفت المطالع فلكل بلد حكم نفسه ، وهذا اختيار شيخ الإسلام ابن تيمية رحمه الله تعالى وهو ظاهر الكتاب والسنة ومقتضى القياس :

أما الكتاب فقد قال الله تعالى : ( فمن شهد منكم الشهر فليصمه ومن كان مريضا أو على سفر فعدة من أيام أخر يريد الله بكم اليسر ولا يريد بكم العسر ولتكملوا العدة ولتكبروا الله على ما هداكم ولعلكم تشكرون ) فمفهوم الآية : أن من لم يشهده لم يلزمه الصوم .

وأما السنة فقد قال النبي صلى الله عليه وسلم ( إذا رأيتموه فصوموا ، وإذا رأيتموه فأفطروا ) مفهوم الحديث إذا لم نره لم يلزم الصوم ولا الفطر .

وأما القياس فلأن الإمساك والإفطار يعتبران في كل بلد وحده وما وافقه في المطالع والمغارب ، وهذا محل إجماع ، فترى أهل شرق آسيا يمسكون قبل أهل غربها ويفطرون قبلهم ، لأن الفجر يطلع على أولئك قبل هؤلاء ، وكذلك الشمس تغرب على أولئك قبل هؤلاء ، وإذا كان قد ثبت هذا في الإمساك والإفطار اليومي فليكن كذلك في الصوم والإفطار الشهري ولا فرق .

ولكن إذا كان البلدان تحت حكم واحد وأَمَرَ حاكمُ البلاد بالصوم ، أو الفطر وجب امتثال أمره ؛ لأن المسألة خلافية ، وحكم الحاكم يرفع الخلاف .

 وبناء على هذا صوموا وأفطروا كما يصوم ويفطر أهل البلد الذي أنتم فيه سواء وافق بلدكم الأصلي أو خالفه ، وكذلك يوم عرفة اتبعوا البلد الذي أنتم فيه . " [ مجموع الفتاوى 19 ].