Jauhi Bid'ah Di Hari 'Asyuro*
Syaikhul-Islam *Ibnu Taimiyyah* berkata:
... وبينا أن كل ما يفعل فيه - سوى الصوم - بدعة مكروهة، لم يستحبها أحد من الأئمة، مثل الاكتحال، والخضاب، وطبخ الحبوب، وأكل لحم الأضحية، والتوسيع في النفقة، وغير ذلك، وأصل هذا من ابتداع قتلة الحسين ونحوهم.
وأقبح من ذلك وأعظم ما تفعله الرافضة من اتخاذه مأتما يقرأ فيه المصرع، وينشد فيه قصائد النياحة، ويعطشون فيه أنفسهم، ويلطمون فيه الخدود، ويشقون الجيوب، ويدعون فيه بدعوى الجاهلية. ... وقد قتل من هو أفضل من الحسين، ولم يجعل المسلمون ذلك اليوم مأتما ... إلى غير ذلك من منكرات الرافضة، فإنه يطول وصفها.
والمقصود هنا أن ما أحدثوه من البدع فهو منكر، وما أحدثه من يقابل بالبدعة البدعة، وينسب إلى السنة، هو أيضا منكر مبتدع. والسنة ما سنه رسول الله - صلى الله عليه وسلم - وهي برية من كل بدعة، فما يفعل يوم عاشوراء من اتخاذه عيدا بدعة أصلها من بدع النواصب، وما يفعل من اتخاذه مأتما بدعة أشنع منها، وهي من البدع المعروفة في الروافض
"… dan telah kami jelaskan bahwa seluruh apa yang dilakukan (secara khusus) di hari 'Asyuro *selain puasa* adalah bid'ah yang dibenci, tidak satupun dari para Imam menyukainya, seperti: pakai celak mata, semir rambut, masak biji-bijian, makan daging kurban, melebihkan nafkah keluarga, dan sebagainya. Ini semua berasal dari *bid'ahnya para pembunuh Husein* dan yang semisalnya.
Yang lebih jelek dan parah lagi adalah apa yang dilakukan oleh *Rofidhoh*, yaitu menjadikan hari 'Asyuro sebagai peringatan kematian, dibacakan di dalamnya kisah terbunuhnya Husein, dilantunkan kasidah ratapan, mereka membuat diri mereka kehausan, menampari pipi, mengoyakngoyak saku baju, dan berdoa dengan doa-doa orang-orang jahiliyyah … dan telah terbunuh orang yang lebih mulia dari Husein, dan kaum muslimin pun tidak pernah jadikan hari kematiannya sebagai peringatan kematian … dan lain-lain dari kemungkaran Rofidhoh, sesungguhnya masih banyak lagi jika disebutkan.
Maksud dari ini semua bahwa *segala bid'ah yang mereka buat-buat adalah kemunkaran, dan apa yang diada-adakan oleh orang yang membalas bid'ah dengan bid'ah dan dinisbatkan ke sunnah itu juga kemungkaran dan bid'ah*. Sedangkan *sunnah yang sebenarnya ialah apa yang disunnahkan oleh Rosululloh shollallou'alihiwasallam, sunnah beliau terlepas bersih dari setiap bid'ah*, maka peringatan hari raya yang dilakukan pada hari 'Asyuro adalah bid'ah yang berasal dari bid'ahnya kaum *Nawashib* (pembenci Ahli Bait) dan menjadikan hari 'Asyuro sebagai peringatan kematian adalah bid'ah yang lebih parah lagi, itu dari bid'ah yang dikenal di kalangan *Rofidhoh*".
Minhaj As-Sunnah An-Nabawiyyah (4/468-469).
Abu Hafsh bin Isa
9 Muharrom 1440
di share ulang oleh ustadz setiawan tsabit