Rabu, 19 Agustus 2020

Tempat shalat ied menurut Syafiiyyah

Tempat shalat ied menurut Syafiiyyah
واعلم أن الصلاة تجوز في الصحراء فإن كان بمكة فالمسجد الحرام أفضل قطعا. وألحق به الصيدلاني بيت المقدس. وإن كان في غير مكة: فإن كان عذر كمطر فالمسجد أفضل وإن لم يكن عذر فإن ضاق المسجد فالصحراء أولى بل يكره فعلها في المسجد وإن كان المسجد واسعا فالصحيح أن المسجد أولى والله أعلم
“Ketahuilah bahwa shalat hari raya di tanah lapang hukumnya boleh.  Jika di Mekkah, shalat hari raya di Masjidil Haram itu jelas yang lebih afdhol. Ash-Shaidalani berpendapat bahwa Baitul Maqdis dalam masalah ini dianalogkan dengan Masjidil Haram.
Untuk luar Mekkah, jika ada kendala semisal hujan maka shalat hari raya di dalam masjid itu yang lebih afdhol. Jika tidak ada kendala ada dua rincian. Apabila masjid sempit (sehingga jamaah meluber sampai halaman masjid) maka lebih baik shalat hari raya dilaksanakan di tanah lapang bahkan ngotot dilaksanakan di masjid hukumnya makruh. Namun jika masjid luas (sehingga semua jamaah tertampung di dalam bangunan masjid) maka pendapat yang benar (menurut Syafiiyyah) shalat di dalam masjid itu yang lebih utama” [Kifayatul Akhyar hal 200 cetakan Darul Minhaj Jeddah].
Ternyata:
Sholat Ied di tanah lapang itu tidak makruh menurut Syafiiyyah namun mubah.
Bahkan shalat Ied di masjid itu bisa makruh jika masjid tidak cukup menampung jamaah.
Ustadz Aris Munandar hafidahullah