Senin, 03 Agustus 2020

apakah benar alam raya ini di ciptakan semata mata karena nabi Muhammad shalallahu alaihi wa salam? dan apakah benar nabi Adam alaihi salam bertawasul dengan nabi Muhammad shalallahu alaihi wa salam padahal beliau belum di ciptakan?

Masalah Populer

Sebagian ulama berpandangan bahwa alam raya ini diciptakan semata2 karena Nabi muhammad saw, diantara dalil yang dijadikan sandaran adalah hadits yang diriwayatkan oleh Al Qadhi ‘iyādh rah dalam kitab (asy syifā) dengan sanadnya sampai rasulullah saw : bahwa adam as bertawassul dengan Muhammad saw, padahal beliau belum diciptakan.....dst. 

Pertanyaan ini dilontarkan kepada syaikh Muhammad al amīn oleh seorang muridnya ketika sedang berada disalah satu sisi masjidil haram. Inti dari jawaban beliau :
Pertama : hadits yang diriwayatkan oleh al Qadhi, cacat dari sisi sanad, karena ada rawi yang lemah, dan hadits2 lain yang berkaitan perihal masalah ini, semuanya tidak layak digunakan sebagai hujjah.

Kedua : berdasarkan Istiqra’ ayat al Quran, tidak satupun ayat menunjukkan akan hal itu. Malah Allah sendiri menyatakan secara eksplisit bahwa tujuannya adalah untuk menguji kalian siapa yang paling baik amalnya. 

Untuk mengetahui rincian kisahnya, bisa anda baca sebagai berikut :
ustadz abu fadlullah