Rabu, 19 Agustus 2020

DOA PENUNTUT ILMU UNTUK DIBERIKAN RIZKI OLEH ALLAH TEMAN DUDUK YANG SHALIH

DOA PENUNTUT ILMU UNTUK DIBERIKAN RIZKI OLEH ALLAH TEMAN DUDUK YANG SHALIH

Sebagian salaf berdoa kepada Allah agar diberikan rizki teman duduk yang shalih -yaitu orang yang berilmu dan mengamalkan ilmunya-, agar mendapatkan ilmu yang bermanfaat, amal sholih dan pengaruh yang baik dari mereka. Diantara mereka ada yang dikabulkan oleh Allah apa yang dimintanya, lalu diberikan sesuai apa yang mereka minta.

Alqamah bin Qais an-Nakhoiy berkata : "aku mendatangi Syam, lalu sholat dua rakaat, kemudian aku berdoa : "Yaa Allah mudahkan untukku teman duduk orang yang shalih".
Lalu aku mendatangi suatu kaum, aku duduk bersama mereka, kemudian datang seorang Syaikh yang duduk disampingku, aku bertanya : "siapa ini?", Mereka menjawab : "Abu Darda radhiyallahu anhu." (Shahih Bukhari, V/25).

Harîts bin Qabîshah berkata : "aku mendatangi Madinah, lalu aku berdoa : "Yaa Allah mudahkan aku teman duduk yang shalih."
Lalu aku pun duduk bersama Abu Hurairah radhiyallahu anhu. (Sunan Tirmidzi, I/535).

Khaitsamah bin Abi Sabrah berkata : "aku mendatangi Madinah, lalu aku berdoa kepada Allah untuk memudahkanku diberikan teman duduk yang shalih. Maka Allah mudahkan untukku Abu Hurairah radhiyallahu ahnu, aku duduk bersama bersama beliau, lalu aku berkata : "aku memohon kepada Allah agar dimudahkan teman duduk yang shalih, maka aku mendapatkan engkau untukku."
Abu Hurairah radhiyallahu anhu berkata : "dari mana engkau?".
Kujawab : "dari penduduk Kufah, aku datang untuk mencari kebaikan yang aku menginginkannya." (Sunan Tirmidzi, VI/153).
Ust Abu Sa'id Neno Triyono 

Doa orang yang jujur untuk minta bantuan dalam menuntut ilmu yang menunjukkan motivasinya yang kuat untuk mendapatkan ilmu yang bermanfaat dan amal yang shalih. Wallahu A'lam.