Sabtu, 24 Juni 2023

Pertanyaan: Kenapa orang² yg mempelajari ilmu hadits ini sangat sedikit?

Pertanyaan: Kenapa orang² yg mempelajari ilmu hadits ini sangat sedikit? 

Jawab: Mungkin penyebabnya adalah karena terkena syubhat yg menyatakan bahwa ilmu hadits ini adalah ilmu yg tidak bermanfaat dan para ulama yg menilai hadits ini juga sudah banyak. Sehingga buat apa lagi mempelajarinya.

Ketahuilah bahwa ini adalah syubhat syetan. Tidak tahukah mereka bahwa ilmu hadits ini adalah ilmu ijtihad? Sedangkan pintu ijtihad masih terus terbuka dan belum tertutup. Syetan menghendaki dengan syubhatnya tersebut agar ilmu yg mulia ini terkubur. Di mana syetan tahu bahwa ilmu inilah yg dapat menghancurkan tipu dayanya, yg semua kedustaan atas nama Rasulullah dapat terbongkar. Kekacauan yg hendak di lakukan oleh musuh² Islam pun dapat di singkap. Dan dari masa ke masa, hanya ahli haditslah yg melakukan hal itu. Maka syetan pun sangat menginginkan agar ilmu ini mati dan terkubur. Oleh karenanya ayuhal Ikhwah..kita lawan tipu daya syetan ini dengan semangat mempelajari ilmu yg mulia ini..yg dengannya kita dapat menjadi bagian dari para pembela Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam sebagaimana para sahabat, yg telah mendapatkan cinta Allah dan ridhoNya karena telah membela RasulNya yg mulia..

Di dalam sebuah riwayat, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam pernah bersabda: .

يَحْمِلُ هَذَا اْلعِلْمَ مِنْ كُلِّ خَلَفٍ عُدُوْلُهُ، يُنْفُوْنَ عَنْهُ تَحْرِيْفَ الغَالِّيْنَ وَتَأْوِيْلَ الجَاهِلِيْنَ وَانْتِحَالَ الْمُبْطِلِيْنَ.

”Ilmu (agama) ini akan dibawa oleh orang-orang terpercaya dari setiap generasi. Mereka akan meluruskan penyimpangan orang-orang yang melampaui batas, ta’wil orang-orang jahil, dan pemalsuan orang-orang bathil”. 

[lihat Al-Jaami’ li-Akhlaqir-Raawi wa Adabis-Saami’oleh Al-Khathib Al-Baghdadi dan dinyatakan shahih oleh syaikh Albani].
Ustadz abu yahya tomi