Kaidah Batil Ahlul Kalam
أصل من أصول في تناول قضايا الدين عند المتكلمين: تقديم العقل على النقل مطلقا كما هي منهج المعتزلة والزيدية، أو عند التعارض كما هو واضح عند الأشاعرة و الماتريدة، وأما النصوص الشرعية فهي عندهم أدلة لفظية لا تفيد اليقين.
Salah satu kaidah pokok ahli kalam adalah mendahulukan akal daripada wahyu secara mutlak seperti yang diyakini oleh mu'tazilah dan zaidiyah atau ketika terjadi pertentangan antara akal dan wahyu seperti yang diyakini oleh asya'irah dan maturidiyah. Bagi ahli kalam, nash syar'iy tidak menghasilkan keyakinan.
Abu 'Abdullah Muhammad bin 'Umar Fakhruddin Ar-Razi, penyusun kitab tafsir Mafatihul Ghaib. Beliau rahimahullah berkata :
نِهَايَةُ إِقْدَامِ الْعُقُوْلِ عِقَالُ
وَغَايَةُ سَعْيِ الْعَالَمِيْنَ ضَلاَلُ
وَأَرْوَاحُنَا فِي وَحْشَةٍ مِنْ جُسُوْمِنَا
وَحَاصِلُ دُنْيَانَا أَذَي وَوَبَالُ
وَلَمْ نَسْتَفِدْ مِنْ بَحْثِنَا طُوْلَ عُمْرِنَا
سِوَي أَنْ جَمَعْنَا فِيْهِ : قِيْلَ وَ قَالُوْا
لَقَدْ تَأَمَّلْتُ الطُّرُقَ الْكَلاَمِيَّةَ وَ الْمَنَاهِجَ الْفَلْسَفِيَّةَ, فَمَا رَأَيْتُهَا تَشْفِي عَلِيْلاً, وَلاَ تُرْوِي غَلِيْلاً,
وَ رَأَيْتُ أَقْرَبَ الطُّرُقِ طَرِيْقَةَ الْقُرْآنِ, أَقْرَأُ فِيْ الْإِثْبَاتِ :
(الرَّحْمَنُ عَلَى اْلعَرْشِ اسْتَوَى)
(إِلَيْهِ يَصْعَدُ الْكَلِمُ الطَّيِّبُ وَالْعَمَلُ الصَّالِحُ يَرْفَعُهُ)
وَأَقْرَأُ فِيْ النَّفْيِ: (لَيْسَ كَمِثْلِهِ شَىْءٌ) (وَلاَ يُحِيطُونَ بِهِ عِلْمًا)
وَمَنْ جَرَّبَ مِثْلَ تَجْرِبَتِي عَرَفَ مِثْلَ مَعْرِفَتِي
"Akhir mendahulukan akal adalah keruwetan.
Kebanyakan usaha manusia adalah kesesatan.
Ruh-ruh kami di dalam kedukaan terhadap jasad kami.
Akibat dunia kami adalah penderitaan dan kebinasaan.
Kami tidak mendapatkan faedah dari pembahasan kami sepanjang umur kami.
Kecuali apa yang telah kami kumpulkan berupa “katanya” dan “mereka telah berkata”.
Sesungguhnya aku telah memikirkan metode-metode ilmu kalam (mantik, logika), dan kaidah-kaidah filsafat, maka aku tidaklah melihatnya akan menyembuhkan orang yang sakit dan tidak melegakan orang yang dahaga.
Dan aku telah melihat metode yang paling praktis adalah metode Al-Qur’an. Aku membaca di dalam penetapan (sifat Allah) :
(الرَّحْمَنُ عَلَى اْلعَرْشِ اسْتَوَى)
(Yaitu) Yang Maha Pemurah, yang beristiwa di atas ‘Arsy. (QS. Thaha : 5)
(إِلَيْهِ يَصْعَدُ الْكَلِمُ الطَّيِّبُ وَالْعَمَلُ الصَّالِحُ يَرْفَعُهُ)
Kepada-Nyalah naik perkataan-perkataan yang baik dan amal yang shalih dinaikkan-Nya. (QS. Fathir : 10)
Dan aku membaca di dalam peniadaan (sifat Allah) :
(لَيْسَ كَمِثْلِهِ شَىْءٌ)
Tidak ada sesuatupun yang serupa dengan Dia. (QS. Asy-Syura : 11)
(وَلاَ يُحِيطُونَ بِهِ عِلْمًا)
Sedangkan ilmu mereka tidak dapat meliputi ilmu-Nya. (QS. Thaha : 110)
Barangsiapa telah memiliki pengalaman sebagaimana pengalamanku, niscaya dia mengetahui seperti pengetahuanku”.
(Ighatsatul Lahfan, 1/72, karya Ibnul Qayyim, penerbit Dar ‘Alam Fawaid, cet. 1, th. 1432)
Fb Pengetahuan muslim