Senin, 19 Juni 2023

Mengusap Wajah Setelah Berdoa

# Mengusap Wajah Setelah Berdoa #

كان رسول الله صلى الله عليه وسلم إذا رفع يديه في الدعاء لا يردّهما حتى يمسح بهما وجهه". رواه الترمذي.

"Rasulullah ﷺ apabila mengangkat tangannya untuk berdoa beliau tidak menurunkan tangannya sebelum mengusap wajahnya dengan kedua tangannya itu" (HR Tirmidzi)

Hadits tersebut mempunyai banyak pendukung diantaranya hadis Ibnu Abbas radhiallahu Anhu riwayat Abu Daud dan selainnya yang semuanya menilai bahwa hadits tersebut Hasan.
===
Terkait permasalahan mengusap kedua wajah setelah berdoa para ulama berselisih pendapat tentang hukumnya ke dalam 3 pendapat:
Pertama, sunnah sebagaimana yang dipilih oleh Ibnu Hajar Al Asqalani.
Kedua, bid'ah.
Ketiga, boleh.

Para ulama yang memilih pendapat kedua ataupun ketiga menilai bahwa hadis dari jalur Ibnu Abbas dhaif jiddan atau bahkan mungkar sehingga tidak cukup untuk mengangkat derajat hadits dhaif yang lain. Secara ilmu hadits pendapat ini lebih kuat sehingga hadisnya tetap dengan statusnya yang dhaif.

Syekh Ibnu Baz dan Syekh Ibnu Utsaimin memilih pendapat ketiga yaitu boleh. Artinya kita tidak mengingkari orang yang mengusap wajahnya ketika selesai berdoa terutama diriwayatkan bahwa sebagian salaf melakukan hal ini demikian pula diriwayatkan dari Imam Ahmad bahwa beliau terkadang melakukannya.

Kesimpulannya, khilaf ini adalah khilaf yang ringan. Pendapat yang paling kuat adalah perbuatan ini tidak perlu dilakukan karena tidak ada hadis yang valid yang mengabarkan bahwa Nabi ﷺ pernah melakukannya. Seandainya ada niscaya para sahabat akan meriwayatkannya karena hal ini menarik perhatian. Namun jika ada saudara-saudara kita yang melakukannya maka tidak perlu diingkari.

Syarah Kitabul Jami' 2/436-437, Ust. Dr. Firanda Andirja hafizhahullah.
===
Gambar: nama2 ukuran dengan tangan manusia dalam Bahasa Arab.
Diposting oleh Ustadz amrullah