Rabu, 28 Juni 2023

Buku [ Tabshirul Khalaf Bi Dhabith Al Ushul Allati Man Khalafha Kharaja 'An Manhajis Salaf ] termasuk buku terbaik dalam membahas siapa yang keluar dari salafiyah.

Buku [ Tabshirul Khalaf Bi Dhabith Al Ushul Allati Man Khalafha Kharaja 'An Manhajis Salaf ] termasuk buku terbaik dalam membahas siapa yang keluar dari salafiyah.

Hanya saja, tidak cukup hanya membaca buku ini saja.

Tapi ia harus paham Ushul - Ushul Aqidah yang dipegang oleh Ulama Salaf.

Dalam buku ini disebutkan bahwa ada satu hal jika diselisihi maka otomatis ia bukan salafi tanpa perlu penegakan hujjah.

Apa itu? 

Jawabannya : Mashdar Talaqqi [ sumber mengambil agama ] 
Perhatikan suatu kelompok atau personal dalam prinsip mereka dalam mengambil sumber paham keagamaan nya.
Jika mereka mengedepankan Al Qur'an, As Sunnah dan Ijma' Salaf maka mereka berada diatas Mashdar Talaqqi Ahlissunnah Salafiah.
Namun jika mereka mengedepankan yang lain, seperti akal, adat, aturan manusia maka berarti mereka bukan Salafi sama sekali.
Seperti halnya orang yang sering memenangkan UU jika bertentangan dengan Islam, atau memenangkan adat, atau memenangkan ucapan tokoh dll.

Kemudian disebutkan juga, ada Ushul - Ushul yang jika diselisihi maka ia keluar dari Salafiah SETELAH ditegakkan hujjah dan masih terus diatas penyelisihannya.

Disini persoalan yang diselisihi Bukan persoalan fiqih yang diperselisihkan ulama, seperti isbal tanpa sombong, cadar bagi wanita, jenggot, shalat jama'ah di masjid dll.
Tapi persoalan Ushul yang sudah baku dikalangan ulama salaf.

Imam Ibnu Utsaimin pernah ditanya tentang Ushul - Ushul yang jika diselisihi berarti menyelisihi Ushul salafiyah, dan beliau menjawab ada di Al Aqidah Al Wasithiyyah. 

Selain Al Wasithiyyah, buku ringkas paling bagus membahas apa saja Ushul itu adalah bukunya Imam Shalih Al Fauzan dalam risalah ringkas Min Ushul Aqidah Ahlissunnah Wal Jama'ah.

Jadi, menjadi seorang Mu'min Muslim itu dengan mengimani 6 Rukun Iman dan 5 Rukun Islam.
Jadi mu'min muslim Sunni salafi itu dengan berpegangan kepada Mashdar Talaqqi Salaf dan Ushul - Ushul Salafiyah yang jelas.

Kami sampaikan ini agar tidak ada yang bingung tentang salafiyah. 

Atau memandang salafiyah itu pengikut ustadz tertentu, dan siapa menyelisihi ustadz itu berarti menyelisihi salafiyah.

Ini repot jika ustadz salafi itu berbeda pandangan, nanti bisa - bisa yang satu menganggap yang lain bukan salafi, atau minimal salafi yang dipertanyakan.